4 MANFAAT TOMAT CHERRY YANG TAK BOLEH DILEWATKAN

0
89

Channel E – Tomat terdiri atas berbagai ukuran serta bentuk yang beragam, dan tomat cherry merupakan salah satu yang berukuran paling mungil. Meskipun tidak sepopuler tomat pada umumnya, tomat cherry nyatanya menyimpan segudang manfaat bagi kesehatan. Apa aja sih manfaat dari tomat cherry? Yuk simak penjelasan berikut!

 

1. Menurunkan risiko kanker dan penyakit jantung

gambar: Istimewa

Ada berbagai macam antioksidan di dalam tomat cherry. Di antaranya vitamin A, vitamin C, likopen, dan senyawa antioksidan fenolik. Antioksidan membantu menangkal radikal bebas yang bisa merusak sel tubuh dan memicu pertumbuhan kanker.

Likopen pada tomat cherry juga memiliki manfaat bagi kesehatan jantung dan sistem peredaran darah. Caranya dengan menjaga kadar kolesterol serta meningkatkan produksi senyawa khusus yang melindungi pembuluh darah dari peradangan.

 

2. Menurunkan tekanan darah

gambar: Istimewa

Tomat cherry kaya akan kandungan kalium. Kalium dapat menurunkan tekanan darah dengan cara merangsang pengeluaran natrium dari tubuh, menjaga keseimbangan cairan tubuh, dan mengurangi tekanan pada pembuluh darah.

Kalium biasanya identik dengan buah pisang. Nah, kandungan kalium dalam 10 butir tomat cherry setara dengan pisang berukuran sedang. Mengonsumsi tomat cherry akan mencukupi 10 persen kebutuhan kalium dalam sehari.

 

3. Membantu menurunkan berat badan

gambar: Istimewa

Tomat cherry juga memberikan manfaat bagi kamu yang sedang menurunkan berat badan. Pasalnya, buah ini mengandung sedikit kalori dan kaya akan serat. Serat membuat kamu kenyang lebih lama dan mencegah kamu makan terlalu banyak.

Bagi kamu yang sedang menjaga pola makan, tomat cherry bisa menjadi pilihan camilan yang menyehatkan. Kamu bisa mengonsumsinya secara langsung, mencampurnya dengan salad, atau memanggangnya sebentar untuk memberikan rasa gurih yang nikmat.

 

4. Menjaga kesehatan kulit

gambar: Istimewa

Manfaat tomat cherry begitu beragam, bahkan tidak kalah dari jenis tomat yang lebih umum dikonsumsi. Buah ini pun bisa diperoleh dengan mudah serta dapat diolah dalam berbagai jenis hidangan. Meski demikian, tetaplah mengonsumsinya dalam jumlah yang wajar. Hindari konsumsi secara berlebihan untuk mencegah efek samping berupa sakit perut, alergi, serta diare.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here