Inilah Makanan Favorit di Kalimantan Timur, Ibukota Baru Indonesia!

1
215

Channel E – Wacana pemindahan Ibukota RI ke pulau Kalimantan yang disampaikan Presiden Joko Widodo beberapa waktu lalu masih menjadi berita hangat.  Presiden menyebut lokasi ibu kota baru RI itu berada sebagian di Penajam Paser Utara dan sebagian lagi di Kutai Negara Provinsi Kalimantan Timur.

Memiliki 3 Kotamadya dan 7 Kabupaten, Provinsi Kalimantan Timur adalah provinsi terluas ke-empat di Indonesia. Kalimantan Timur juga kaya akan keberagaman suku, bahasa, dan agama. Dengan semua kekayaan itu, maka tidak heran kalau Kalimantan Timur memiliki kekayaan kuliner yang beragam pula. Nah, berikut ini Channel E akan memberikan informasi beberapa makanan favorit di Kalimantan Timur. simak penjelasannya berikut ini

 

1. Kepiting Asap (Samarinda)

Gambar Istimewa

Makanan favorit pertama dari Kalimantan Timur yaitu Kepiting Asap. Karena, Samarinda kaya akan kepiting, sehingga banyak sekali masakan berbahan dasar kepiting yang serba lezat di kota ini. Salah satu masakan kepiting yang terkenal adalah kepiting asap.

Cara membuatnya, pilih 2 ekor kepiting telur yang sudah direbus, lalu bungkus dengan aluminium foil dan dilumuri bumbu khusus yang bercita rasa gurih dan manis. Biasanya pedagang masakan kepiting asap memiliki bumbu khas masing-masing yang dirahasiakan, tapi hampir semuanya enak.

 

2. Nasi Kuning (Samarinda)

Gambar Istimewa

Salah satu menu sarapan favorit ini memang banyak ditemukan di kota lain, termasuk Samarinda. Yang membedakan nasi kuning Samarinda dengan lainnya, adalah tambahan bumbu merah atau disebut juga bumbu hadang yang terbuat dari cabai, gula aren, dan rempah lainnya.

Nasi kuning ini disajikan dengan ikan haruan (ikan gabus), telur bumbu bali, serundeng, dan bawang goreng. Lengkapi dengan emping atau kerupuk supaya nikmat.

3. Pepes Kepiting (Samarinda)

Gambar Istimewa

Kepiting soka atau kepiting yang sedang berganti kulit, ditumis bersama cabai merah, cabai rawit, serai, daun kemangi, dan rempah-rempah lainnya. Kepiting soka dan bumbu yang sudah ditumis tersebut kemudian dibungkus dengan daun pisang. Setelah itu dikukus sampai matang, baru kemudian dibakar di atas bara api.

4. Nasi Bakepor (Kutai)

Gambar Istimewa

Nasi bekepor adalah nasi putih yang dicampur dengan ikan asin, rempah-rempah, dan minyak sayur. Biasanya disajikan dengan daging bumi hangus dan sayur gangan asam kukar, yaitu sejenis sayur asam yang dimasak bersama dengan kepala ikan dan ubi manis.

5. Ayam Cincane (Samarinda)

Gambar Istimewa

Ayam Cincane adalah ayam bakar khas Kalimantan Timur. Ayam kampung yang dibumbui santan, lengkuas, jahe, kemiri, dan rempah lainnya dibakar di atas bara api. Sajian ini biasanya disantap bersama nasi hangat dan sambal tomat. Duh, bikin ngiler aja ya guys!

6. Gence Haruan (Samarinda)

Gambar Istimewa

Gence Haruan adalah masakan ikan khas Tenggarong, Kalimantan Timur. Ikan haruan atau ikan gabus, dilumuri garam lalu dibakar. Sementara itu bumbunya terdiri dari bawang merah, bawang putih, cabe merah, air asam jawa, dan tomat yang ditumbuk kasar.

Kemudian tumis bumbu hingga harum lalu siram tumisan itu ke atas ikan haruan bakar.  Masakan ikan ini lezat banget ya guys. Apalagi bila disantap bersama nasi hangat dan sayur gangan asam keladi.

7. Gangan Asam Keladi (Banjar)

Gambar Istimewa

Sajian sayur ini terdiri dari keladi atau talas, terong asam khas Kalimantan, bawang merah, bawang putih, garam, gula, dan cabe merah.

Cara membuatnya, didihkan air lalu masukkan semua bahan, talas yang sudah dikupas dan dipotong-potong, cabai merah, terong asam, bawang merah dan bawang putih. Keluarkan bawang merah, bawang putih, dan cabai dari dalam panci lalu haluskan. Setelah halus, masukkan kembali bumbu tadi ke dalam panci berisi rebusan keladi.  Tambahkan lokio, kangkung, gula dan garam dan masak sampai sayuran matang. Sayur gangan asam keladi yang hangat siap dinikmati, deh.

8. Pisang Gapit (Samarinda)

Gambar Istimewa

Nama “gapit” diambil dari alat yang digunakan untuk membuat makanan sajian ini. Gapit adalah alat berupa papan kayu seperti talenan untuk menggapit atau menjepit pisang. Setelah bentuknya menjadi pipih, pisang dibakar sampai kecokelatan dan dimakan bersama saus durian yang lezat.

 

Selain makanan di atas, masih banyak lagi makanan lezat dari Kalimantan Timur, lho. Gimana, nih guys? Semakin tertarik berkunjung ke Kalimantan Timur dan mencicipi semua kulinernya, ya! Semoga artikel ini bermanfaat untuk kalian semua.

(Channel E – DF)

 

1 COMMENT

  1. What¦s Taking place i am new to this, I stumbled upon this I have found It positively useful and it has helped me out loads. I’m hoping to contribute & assist different users like its helped me. Good job.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here