MENGENAL KENDARAAN MASA DEPAN MOBIL LISTRIK

0
274

Channel E – Tidak bisa dipungkiri kemajuan teknologi setiap tahun berkembang pesat, bisa dilihat setiap tahunnya pasti ada saja produsen yang menciptakan barang baru yang semakin canggih seperti gadget, televisi maupun alat-alat rumah tangga.

Di dunia otomotif juga sudah mulai memperkenalkan terobosan baru yang mereka ciptakan, seperti kendaran-kendaran yang mengandalkan tenaga listrik. Salah satu contohnya mobil listrik, untuk saat ini teknologi listrik pada kendaraan masih terbilang mahal, seperti yang sudah dilansir dalam laman otomotif bisnis.

“Sejauh ini harga kendaraan listrik masih terbilang lebih mahal ketimbang kendaran biasa, karena disebabkan belum adanya insensif yang rencananya bakal diatur oleh pemerintah. Desakan untuk memberikan insentif fiskal dan non fiskal telah lama disuarakan.”

“Karena, teknologi mobil listrik memungkinkan konsumsi bahan bakar yang lebih efisien tetapi tanpa mengurangi fungsi kendaraan sebagai sarana mobilitas. Pemerintah sempat berdiskusi dengan Dewan Perwakilan Rakyat untuk merevisi Pajak Penjualan Atas Barang Mewah (PPnBM) untuk mengakomodasi kendaraan yang lebih ramah lingkungan ini.“

Membahas tentang mobil listrik, kali ini Channel E akan memberikan  sedikit informasinya.

Hybrid Electric Vehicle (HEV)

Hybrid Electric Vehicle (HEV) mobil listrik jenis ini dilengkapi oleh satu motor listrik dan mesin pembakaran sebagai penggeraknya. Jenis mesin seperti ini tidak membutuhkan charging station, tapi lebih efisien dalam konsumsi bahan bakar, dikarenakan mobil ini memanfaatkan teknologi baterai.

Untuk harganya terbilang lebih mahal dibandingkan dengan mobil berbahan bakar ( Internal Combustion Engine /ICE). Untuk ditanah air yang masuk kategori ini diantara lain Camry Hybrid, C-HR hybrid dan beberapa model Lexus, BMW dan juga Mercedes Benz.

PHEV (Plug-in Hybrid Electric Vehicle )

Dilansir dari Otomatis bisnis. Harga kendaraan PHEV ditaksir lebih mahal 60% dari mobil bermesin konvensional, sebagai salah satu contohnya Outlander PHEV yang sudah dipasarkan Mitsubishi Motors masuk dalam kategori ini.

Selain itu terdapat juga BMW i8 yang juga telah diperkenalkan oleh BMW di Indonesia. Keunggulan jenis ini ialah mampu mengisi daya sendiri dengan menggunakan mesin ataupun melalui colokan. Untuk Outlander PHEV diklaim juga bisa menjadi “Generator” untuk menghasilkan listrik yang mengaliri rumah. Tentu sangat berguna ketika listrik padam atau untuk pertolongan bencana.

FUEL CELL EV

Jenis mobil ini menggunakan tenaga listrik yang bahan tenaganya berasal dari Hidrogen, mobil ini berbeda dari mobil listrik konvensional yang menggunakan baterai sebagai sumber energinya. Salah satu perusahan yang fokus mengembangkan teknologi tersebut ialah Toyota, Honda dan Hyundai.

Secara global perusahan – perusahan tersebut telah memperkenalkan mobil Fuel Cell seperti Toyota Mirai, Honda Clarity dan Hyundai NEXO.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here