Yuk Mengenal Rumah Adat Desa Sade

0
253

Channel E – Teman-teman, pernahkah kalian berkunjung ke Lombok? Jika kalian berkunjung ke Lombok, sempatkan diri kalian untuk mampir ke desa Sade. Desa sade adalah desa tradisional Suku Sasak yang masih asli. Dusun ini terletak di Kecamatan Pujut, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat, sekitar 30 km dari Kota Mataram.

Dilansir dari majalah Elang. Penduduk desa Sade ini sebetulnya masih masuk dalam keturunan suku Sasak asli pulau Lombok. Masyarakat desa Sade, mayoritas penduduknya memiliki mata pencaharian sebagai petani sedangkan kaum wanita nya lebih banyak menenun untuk membuat kain ikat khas Lombok.

Hasil tenun biasanya dipasarkan kepada wisatawan lho teman-teman, karena desa Sade ini termasuk desa kawasan di Lombok Tengah NTB dan masuk dalam binaan pemerintah melalui Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat ( PNPM) Mandiri sejak tahun 2010.

Rumah Adat Yang Super Unik

gambar istimewa

Penduduk Desa Sade masih menjunjung tinggi dan melestarikan kebudayaanya, termasuk tinggal di rumat adat. Rumah pada suku Sasak Desa Sade ini memang unik lho.

Biasanya rumah di desa Sade di bangun berbaris dengan lumbang padi yang dibangun diatas tumpukan kayu dengan atap menyerupai topi yang terbuat dari alang-alang.

Adalagi yang dinamakan berugak atau tempat untuk ruang upacara ataupun untuk bersantai. Atapnya terbuat dari alang-alang memberikan suasana sejuk ketika panas matahari menyengat dan hangat saat malam yang dingin.

Membersihkan Rumah Dengan Kotoran Sapi

gambar istimewa

Secara turun temurun, masyarakat desa Sade telah memanfaatkan kotoran sapi dan kerbau untuk keperluan kehidupan mereka. Mulai dari pengelolahan untuk pupuk tanaman hingga bahan bakar pembuatan biogas.

Satu pemanfaatan kotoran hewan yang paling unik adalah digunakannya kotoran sapi atau kerbau ini untuk mengepel lantai rumahnya.
Setiap sebulan sekali, penduduk desa sade membersihkaan rumahnya baik lantai maupun dindingnya dengan menggunakan kotoran sapi atau kerbau yang dicampur air.

Ternyata penggunaan kotoran hewan tersebut memiliki berapa alesan lho, pertama, kotoran sapi dan kerbau dipercaya mampu mengusir lalat dan serangga penganggu. Kedua, bahan alami tersebut mampu mengkilapkan lantai dan dinding serta mampu memperkuat daya tahan bangunan. Ketiga mampu menyerap debu.

Wah memangnya tidak bau?? Tentu saja bau. Setelah rumah dipel dengan kotoran sapi dan kerbau, selanjutnya setelah kering lalu dibilas dan dibersihkan dengan jemari. Hasilnya lantai rumah tampak bersih dan bau tidak sedap akan cepat hilang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here