CHUSEOK FESTIVAL MUSIM GUGUR ALA KOREA

0
121

Channel E – Di Korea Perayan musim gugur dikenal dengan Chuseok yang berarti festival musim panen.  Chuseok dirayakan pada malam bulan purnama pada bulan ke delapan, biasanya jatuh pada bulan September, atau Oktober. Karena bulan-bulan tersebut bertepatan dengan peralihan musim panas ke musim dingin.

Dilansir dari Majalah Elang. Perayaan Chuseok, dilakukan sebagai ungkapan rasa syukur warga Korea atas hasil panen yang baik. Inilah saat dimana warga Korea berbondong-bondong mudik ke kampung halaman untuk merayakannya dan berkumpul bersama keluarga.

1. Sejarah Perayaan Chuseok

gambar istimewa

Tradisi Chuseok ini berawal dari tradisi Gabae yang dimulai sejak masa pemerintahan raja ketiga dari kerajaan Silla pada tahun 57 sebelum masehi, hingga tahun 935 masehi. Gabae sendiri merupakan kontes menenun yang melibatkan 2 tim, lalu pihak pemenang akan diberikan sejumlah makanan dan bahan baku makanan oleh pihak yang kalah. Walau sejarahnya tidak jelas, Chuseok merupakan salah satu festival dari 3 festival besar di Korea Selatan. Perayaan ini sering dijuluki sebagai Thanksgivingnya orang Korea.

2. Ragam Aktivitas Saat Perayaan Chuseok

gambar istimewa

Saat perayaan Chuseok Seluruh anggota keluarga akan mengenakan pakaian tradisional korea yang bernama hanbok, di pagi harinya para anggota keluarga akan berkumpul untuk berdoa menghormati leluhur sesuai kepercayaan mereka. Setelah selesai, anggota keluarga bercengkrama sambil menikmati aneka sajian khas Chuseok seperti Songpyeon  (kue beras), mereka juga saling bertukar hadiah. Para orang tua, biasanya akan diberi amplod oleh anak-anak mereka yang sudah bekerja, sebagai ucapan terimakasih karena telah merawat dan membesarkan anak-anaknya.

Biasanya juga anggota keluarga juga melakukan aktivitas yang biasa dalam bahasa kita itu ziarah kubur. Untuk menghormati anggota keluarga atau lelulur yang telah tiada, mereka juga melakukan pembersihan makam keluarga dari rumput liar. Aktivitas berikutnya adalah mengunjungi tempat-tempat digelarnya event khas Chuseok.

3. Kuliner Khas Chuseok

gambar istimewa

Masyarakat korea biasa menyajikan Songpyeon, makanan ini adalah sejenis mochi atau dango (kue beras) khas korea yang berukuran lebih kecil dari bola golf dan bentuknya mirip bulan setengah. Songpyeon biasanya diisi dengan berbagai isian seperti wijen, kacang merah, kacang, dan lain-lain. Selain songpyeon, saat perayaan Chuseok, biasanya masyarakat Korea menyajikan pancake, japche (mie manis yang terbuat dari kentang), bulgogi (barbeque ala Korea), beras dan buah-buahan yang baru saja di panen.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here