5 CARA SEHAT MEMASAK IKAN TANPA TAKUT KEHILANGAN NUTRISINYA

0
122

Channel EIkan merupakan bahan pangan yang amat kaya akan nutrisi. Namun, kualitas nutrisi dalam ikan yang kamu konsumsi dapat berubah, tergantung bagaimana cara kamu memasaknya. Setiap jenis ikan memiliki karakteristik yang berbeda. Jika teknik memasak yang kamu gunakan sesuai, kandungan nutrisi ikan pun bisa bertahan secara optimal.

Berikut adalah beberapa teknik memasak ikan yang lebih sehat dan dapat kamu terapkan mulai hari ini:

 

1. Dipanggang

gambar: Istimewa

Memasak ikan dengan cara dipanggang tergolong sehat sebab kamu tidak perlu menggunakan tambahan minyak. Cukup balurkan bumbu marinasi dari bawang putih, merica, dan lemon. Kemudian, panggang beberapa menit hingga ikan matang.

Teknik memanggang cocok untuk ikan berminyak seperti salmon, tuna, ikan trout air tawar, dan ikan layur. Karena, jenis ikan ini memiliki aroma kuat dan tekstur yang padat berisi sehingga dagingnya tidak mudah hancur ketika dipanggang.

 

2. Dikukus

gambar: Istimewa

Mengukus adalah salah satu cara memasak ikan yang paling sehat, sebab tidak banyak nutrisi yang hilang selama proses pengolahan. Ikan juga akan matang secara merata karena panas menyebar ke seluruh bagian alat pengukus yang tertutup rapat.

Selain itu, mengukus tidak membuat daging ikan cepat kering sehingga kamu tetap bisa menikmati tekstur daging yang lembut dan juicy.

Teknik mengukus juga sesuai untuk ikan berlemak, dan ikan berdaging putih seperti ikan kod, lele, dan kakap.

 

3. Menumis

gambar: Istimewa

Jika kamu ingin memasak ikan dengan cepat, menumis adalah pilihan yang tepat. Teknik menumis sesuai untuk ikan berdaging putih serta beberapa makanan laut seperti udang, kerang, dan tiram.

Menumis membuat ikan terasa gurih seperti ketika digoreng. Namun, teknik memasak ikan yang satu ini lebih sehat karena minyak yang digunakan jauh lebih sedikit. Kamu pun tidak perlu khawatir akan naik berat badan karena kalorinya amat rendah.

 

4. Poaching

gambar: Istimewa

Poaching adalah cara memasak ikan yang sehat. Terutama jika kamu menggunakan kaldu ikan dengan campuran bawang putih, bawang bombay, dan rempah.

Poaching merupakan teknik memasak dalam air atau kaldu panas yang belum mendidih, kira-kira bersuhu 70-82 ºCelsius.

Teknik ini digunakan untuk memasak berdaging lembut seperti ikan kod, ikan pecak (halibut), tuna ekor kuning, dan mujair. Masak ikan dalam kaldu hingga bagian tengahnya berwarna terang, lalu angkat dan sajikan.

 

5. Menggunakan Microwave

gambar: Istimewa

Menggunakan microwave adalah cara untuk memasak ikan dengan praktis dan cepat. Panas yang dipancarkan dalam microwave juga relatif rendah sehingga tidak banyak menghilangkan kandungan nutrisi ikan.

Penggunaan microwave juga dapat mencegah hilangnya asam lemak omega-3 dari ikan. Oleh sebab itu, memasak ikan dengan microwave bisa menjadi pilihan yang sehat bagi kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here