Hewan-Hewan Dengan Warna Cantik Di Dunia

0
42

Channel E – Pernahkah kalian melihat satwa yang sangat cantik warna tubuhnya? Dari hewan kecil sampai hewan besar, banyak yang memiliki warna yang indah, mungkin kalian bertanya-tanya apa fungsi dari warna tersebut. dilansir dari majalah Elang para ilmuwan  tidak sepakat mengenai hal ini, sebagian mengatakan bahwa warna-warni cemerlang itu bisa penting, bisa juga tidak begitu penting.

Misalnya para ahli biologi mempelajari ikan-ikan karang menyimpulkan bahwa warna-warni tubuh ikan karang berguna untuk memikat dan mencari pasangan, menghalau/mengusir predator untuk, mengalahkan saingan, dan berkomunikasi dengan sesamanya. Ada juga ahli biologi lain menyimpulkan/berpendapat bahwa warna-warni tersebut juga untuk membantu dalam pengaturan suhu tubuh, selain untuk memikat pasangan dan mengacaukan pemangsa.

Nah, apapun arti dari warna-warna tubuh satwa, yang jelas mereka terlihat sangat indah, Berikut ini jenis-jenis satwa yang memiiki warna indah.

1. Ikan Mandarin (Synchiropus splendidus)

gambar istimewa

Ini adalah salah satu ikan karang yang mempunyai warna yang menawan, ikan ini memiliki pigmen warna biru (cyanophore) yang sangat jarang ditemukan pada hewan bertulang belakang. Ikan hias air laut berukuran kecil ini  tersebar di Samudra Pasifik, dari Jepang hingga ke Australia.

2. Bebek Mandarin (Aix galericulata)

gambar istimewa

Bebek jenis ini banyak tersebar di Eropa miliki tubuh yang sedang, hanya bebek jenis kelamin jantan yang memiliki warna-warni tubuh sangat indah. Sang jantan berparuh merah, dan diatas mata ada pola seperti bulan, dadanya berwarna ungu, berhiaskan dua garis putih.

3. Merak (Pavo cristatus)

gambar istimewa

Bukan hanya berbulu cantik, namun merak bisa mengembangkan bulunya yang panjang dengan anggun/indah, bulu yang indah pada merak hanya dimiliki merak berjenis kelamin jantan. Diduga merak jantan suka memamerkan kecantikan bulunya untuk memikat betina, diduga juga perilaku itu untuk menunjukan kekuatannya. Karena hanya merak jantan yang sehat dan bugar bisa memamerkan bulu ekornya seperti itu.

4. Burung Macaw Scarlet (Ara macao)

gambar istimewa

Didunia ini banyak jenis-jenis burung cantik, salah satunya burung macaw scarlet, ini merupakan jenis burung yang terbesar di keluarga kakatua. Ukurannya dari ujung paruh hingga ke ujung ekor bisa mencapai 81 cm, burung yang berasal dari Amerika selatan ini memiliki warna tubuh yang sangat kuat merah, kuning, hijau dan biru. Burung ini juga berumur panjang, bisa hidup sampai 40-50 tahun bahkan lebih.

5. Bunglong Panther (Furcifer pardalis)

gambar istimewa

Di dunia satwa, bunglon dikenal bisa merubah warna tubuh mereka, mengikuti kondisi dilingkunganya. Salah satu yang terkenal warnanya adalah jenis bunglon panther, bunglon jenis ini mempunyai panjang sekitar 20 cm dan yang jantan biasanya memiliki warna lebih cemerlang daripada betina.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here