MENENGOK CANTIKNYA KAWAH GUNUNG IJEN

0
192

Channel E –¬†Saat berkunjung ke daerah Jawa Timur, jangan lupa mengunjungi Kawah Ijen yang berada di puncak Gunung Ijen terletak di perbatasan antara Kabupaten Banyuwangi dan Kabupaten Bondowoso, Gunung Ijen merupakan salah satu gunung berapi yang masih aktif di Indonesia. Gunung dengan ketinggian sekitar 2.443 meter diatas permukaan laut itu sebenernya telah beberapa kali meletus dan yang terakhir terjadi pada 1999 seperti gunung lainnya.

Kawah Ijen yang Mempesona

gambar istimewa

Kawah Ijen adalah sebuah danau dengan kedalaman sekitar 200 meter dan luas hingga 5.466 hektar. Tidak salah jika banyak orang yang tertarik mengunjungi kawah Ijen, pemandangannya memang sungguh luar biasa. Keindahan danau berlerang berwarna hijau toska kebiruan dipadu birunya langit, membuat pemandangan Kawah Ijen menjadi sulit dilupakan. Dari tempat ini kita juga bisa melihat deretan Gunung lainnya yang ada di kompleks pegunungan Ijen yaitu puncak Gunung Merapi. Gunung Raung, Gunung Suket, dan Gunung Rante.

 


Satu hal lagi yang menambah keunikan kawah Ijen adalah setiap pukul 02.00-04.00 di sekitar kawah akan dijumpai fenomena blue fire atau api biru. Pemandangan yang lain menarik di Gunung Ijen adalah para membawa tumpukan belerang yang biasaya sangat sibuk membawa tumpakan belerang di punggung sambil menyusuri jalan yang curam dan dipenuhi gas beracun yang sangat berbahaya.

 

Wilayah Cagar Alam dan Pariwisata

gambar istimewa

Keindahan kawah Ijen tentunya banyak menarik para wisatawan untuk berkunjung ke daerah tersebut. Hal ini yang membuat pemerintah Kabupaten Banyuwangi menjadikan tempat tersebut sebagai salah satu tujuan wisata di Jawa Timur. Walau dijadikan sebagai kawasan wisata, Gunung Ijen sebenernya adalah wilayah Cagar alam yang harus dijaga dan dilindungi keasriannya.

Hal inilah yang membuat Pemerintah Kabupaten Banyuwangi membuat pos PHPA (perlindungan Hutan dan Pelestarian Alam)di pintu gerbang utama Gunung Ijen. Berbagi kegiatan dilakukan dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan di Gunung Ijen, seperti membersihkan kawasan pendakian dari sampah, menanam kembali berbagai pohon di kawasan tersebut, serta berbagi kegiatan lainnya.

Nah tugas kita sebagai masyarakat harus bisa menjaga kebersihan lingkungan jika teman-teman berkunjung ke Gunung Ijen dan kawah Ijen harus bisa menjaga kebersihan dan lingkungan. Jangan membuang sampah sembarangan, serta jangan melakukan tindakan yang merusak seperti menggores dan mencoret-coret pepohonan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here