Puasa senin kamis mempunyai manfaat untuk kesehatan tubuh

0
127

Channel E – Saat bulan Ramadan tiba, umat muslim akan di wajibkan untuk berpuasa dan juga disunnahkan atau dianjurkan untuk puasa di waktu tertentu seperti puasa Senin Kamis. Bagi yang menjalankan puasa Senin Kamis akan mendapatkan pahala selain pahala ternyata puasa pada waktu Senin Kamis sangat bagus untuk kesehatan tubuh kita. Apa saja sih manfaat puasa bagi kesehatan tubuh ? berikut manfaatnya :

 

  1. Dapat meningkatkan Metabolisme

Hal ini cocok untuk orang yang ingin menjalankan program diet. Penelitian menemukan bahwa puasa jangka pendek dapat meningkatkan metabolisme pada tubuh dengan meningkatkan kadar Neurotransmitter norepinefrin yang bisa menunkan berat badan.

 

Maka dari itu puasa Senin Kamis bisa jadi solusi untuk anda yang ingin menurun kan berat badan dengan cepat. Lebih efektif di bandingkan diet yang hanya membatasi kalori saja yang hanya kehilangan lemak. Namun puasa lebih baik dari pada diet biasa selain menurunkan berat badan bisa juga meningkatkan Metabolisme.

 

  1. Meningkatkan kesehatan jantung

penyakit jantung merupakan penyakit mematikan yang di takuti oleh orang di seluruh dunia. Cara efektif mengurangi resiko penyakit jantung dengan mengatur pola hidup dan makan dengan baik jika pola makan dan gaya hidup jika tidak teratur makan akan mengakibatkan penyakit jantung.

 

Sebuah penelitian mengungkapkan jika kita melakukan puasa delapan minggu bergantian akan mengurangi kadar kolesterol jahat dan trigliserida jahat, LDL masing-masing sebesar 25 persen dan 32 persen.

 

Maka disarankan puasa untuk mengurangi resiko penyakit jantung dan dapat membantu dalam menurunkan tekanan darah juga.

 

  1. Bisa meningkatkan kontrol gula darah

Banyak orang yang menyukai makanan dan minuman yang manis terkadang mengonsumsi gula berlebihan tanpa memikirkan kadar gulanya yang dibutuhkan oleh tubuh akan mengakibatkan diabetes. Untuk membatasi asupan kalori dalam mengurangi resistensi insulin serta membatasi kadar gula yang berlebihkan, sangat bagus melakukan rutinitas puasa agar mengurangi resiko diabetes.

 

Pengurangan resistensi insulin dapat meningkatkan sensitivitas tubuh kita terhadap insulin. Hal ini bisa memindahkan glukosa dari aliran darah ke sel-sel tubuh lebih efektif. Saat berpuasa akan menurunkan kadar gula darah serta membantu gula darah tetap stabil dan mencegah diabetes.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here