Tsai Lun Si Penemu kertas

0
102

Channel E – Kalian tau gak sih kertas itu berasal dari mana? Dan siapa penemunya? Pada zaman Cina kuno, dilansir dari majalah Elang. Tulisan dan prastati biasanya menggunakan media tablet bamboo atau potongan sutra yang disebut chih.

Tetapi karena mahalnya harga sutra serta beratnya bambu, membuat keduanya sangat tidak nyaman untuk digunakan. Seorang pegawai negara pada pengadilan kekaisaran bernama Tsai Lun yang hidup pada zaman Dinasti Han di Cina sekitar abad pertama Masehi.

gambar istimewa

Kemudian dia memiliki ide membuat kertas dari kulit pohon, sisa-sisa rami, kain-kain, dan jaring ikan. Tsai Lun (pelafalan Ts’ai Lun yang ditulis dalam bahasa tradisional Cina) adalah seorang pegawai di pengadilan kekaisaran yang dilahirkan di Gui yang sekarang termasuk wilayah provinsi Hunan, Republik Rakyat Cina).

Pada 50 Masehi Tsai lun dianggep sebagai penemu kertas karena merupakan orang pertama yang menemukan metode pembuatan kertas dari kulit kayu pohon murbei.

gambar istimewa

Metode tersebut diambil dari bagian dalam kulit pohon, kemudian merendamnya dengan air dan memukul-mukulnya hingga seratnya lepas. Tsai Lun juga merendam bahan rami, kain bekas, dan jala ikan setelah itu menjadi bubur, bahan ini kemudian ditekan hingga tipis dan dijemur jadilah kertas.

Pada saat itu kertas masih belum sebagus saat ini karena permukaannya masih kasar tidak rata dan tidak sehalus kertas yang kita gunakan pada saat ini.

 

Kertas dari Bangsawan Tsai

gambar istimewa

Tsai Lun mempersembahkan contoh kertas kepada kaisar sangat senang atas penemuan Cai Lund an menaikkan pangkatnya serta mendapat gelar kebangsawanan. Sejak itu kertas hasil ciptaan Tsai Lun digunakan secara luas di Cina dan bangsa Cina menyebut kertas dari Bangsawan Tsai. Sejak saat itu pula seni sastra di Cina semakin berkembang.

Tsai Lun kemudian terlibat dalam komplotan anti istana sehingga membuatnya dikeluarkan dari pekerjaannya dan dari kerajaan.

 

Baca Juga : ASAL USUL , LEGENDA DAN PENEMU SUMPIT (Chopstick Hero)

Setelah itu Tsai Lun meninggal pada tahun 121 M, Fei Hu dari Dinasti song (960-1279) menulis bahwa sebuah dari kuil didirikan untuk menghormati Tsai Lun telah didirikan di Chengdu. Cara pembuatan kertas di Cina menyebar ke Korea, Vietnam, dan Jepang pada abad ke-7, cara ini kemudian menyebar ke Arab dan dunia Barat.

gambar istimewa

Hingga kertas yang ditemukan sekarang di berbagi tempat sudah semakin bagus kualitasnya, penemuan Tsai Lun tentunya membuat kita harus bersyukur dengan rajin belajar dan tidak menyia-nyiakan sebagai catatan ilmu pengetahuan di kertas atau buku. Coba kalian bayangkan seandainya Tsai Lun tidak menemukan kertas pasti sekarang kita harus membawa bambu dan kain sutra kesekolah, pasti repot banget kan teman teman?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here