3 TIPS MENGATASI MATA KAKI HITAM DAN KERING

0
321

Channel E – Selain siku tangan, mata kaki juga mudah menghitam dan kering. Pada umumnya kondisi ini disebabkan oleh penumpuk sel kulit kering dan tekanan berlebih pada kulit. Bagaimana cara mengatasinya? Simak tips memutihkan mata kaki yang hitam dan kering berikut ini.

1. Lakukan Eksfoliasi/Pengangkatan Sel Kulit Mati

gambar istimewa

Salah satu cara untuk memutihkan mata kaki yang hitam yaitu dengan cara eksfoliasi atau sering disebut dengan metode pengelupasan kulit ini dapat mengangkat sel kulit mati yang menumpuk, kalian bisa menggunakan scrub kaki atau sponge khusus untuk kulit. Scrub kaki tersebut biasanya bisa dibeli toko komestik.

Namun alangkah baik kita membuatnya sendiri karena lebih aman. Bahan yang dibutuh untuk membuat scrub eksfolisasi adalah dengan mencampurkan madu, air hangat dan gula. Cara memakainya cukup olesan scrub tadi ke mata kaki yang menghitam, diamkan beberapa menit lalu gosok dengan sikat, bilas hingga bersih dan lakukan secara teratur.

2. Merendam Kaki Dengan Garam Epsom

gambar istimewa

Selain cara eksfoliasi, cara memutihkan mata kaki yang hitam selanjutnya dengan merendam kaki pada air yang sudah di taburi garam epsom. Garam epsom sendiri mengandung magnesium sulfat yang bisa membantu mengangkat sel kulit mati, sekaligus melembapkan kulit.

Caranya cukup siapkan air hangat kedalam baskom ataupun ember, lalu tambahkan ½ cangkir garam epsom dan aduk hingga rata. Rendam kaki selama 20 menit, kemudian sikat kaki dengan lembut lalu bilas dengan bersih.

3. Hindari Berbagai Aktivitas Yang Membuat Mata Kaki Hitam

gambar istimewa

Selain membersihkan kulit tidak benar, kebiasan tertentu juga bisa membuat kulit disekitar mata kaki menghitam. Nah, supaya tips-tips memutihkan mata kaki menghitam, yang sedang kalian lakukan berhasil hindari aktivitas/kebiasaan yang membuat tekanan berlebih pada kulit mata kaki seperti duduk dengan posisi bersila, seperti yang kalian lakukan saat yoga.

Duduk dengan posisi seperti ini ternyata dapat memberi tekanan yang besar pada kulit kaki, khususnya mata kaki kalian. Usahakan untuk duduk bersila hanya dilakukan saat yoga saja. Saat bersantai, pastikan kalian tidak duduk dengan posisi tersebut. Gunakan bantalan berupa selimut atau kain berbahan lembut saat kalian harus duduk bersila.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here