Channel E – Happy WeekEnd semuanya. Mungkin kalian pernah mendengar negara yang bernama Vanuatu. Nah, kini negara tersebut tengah menjadi buah bibir masyarakat ya. Ini karena negara yang berada di Kepulauan Samudra Pasifik tersebut mengeluarkan paspor dengan harga fantastis, yaitu sekitar dua milyar rupiah wow banget kan?

Dengan biaya sebesar itu, kalian sudah menjadi warga negara dari Vanuatu. Uniknya, paspor ini sudah banyak orang yang membelinya. Dilansir dari beberapa sumber. Kira-kira apa ya alasan mereka membeli paspor di Vanuatu ini? Melihat ulasan di atas, tentu kalian penasaran tentang negara yang berada di selatan Benua Australia ini. Oke, supaya lebih jelas, simak ulasan di bawah ini.

 

1. Negara di Oseania yang Indah

Gambar Istimewa

Sebagai salah satu negara di Oseania, Republik Vanuatu adalah negara kepulauan yang keindahan alamnya tidak perlu diragukan lagi. Sebagai negara kepulauan yang dibentuk oleh sekitar 83 pulau kecil, tempat ini menjadi destinasi negara tropis yang populer karena keindahan pantai-pantainya.

Tidak hanya dari pantainya, negara kepulauan ini juga dikenal akan spot-spot air terjun yang instagrammable. Sebut saja, Male Cascades dan Blue Holes di Espiritu Santo yang kerap jadi incaran bulan madu lantaran memiliki air biru jernih serta pemandangan lembah yang super asri.

 

2. Negara yang Penduduknya Ramah

Gambar Istimewa

Bagi para pelancong yang pernah berlibur di Vanuatu pasti tahu betul bagaimana ramahnya penduduk yang ada di sana. Tidak hanya ramah, penduduknya juga dikenal sebagai salah satu negara yang paling bahagia di bumi.

Ini telah dibuktikan oleh Happy Planet Index (HPI) yang memposisikan Vanuatu di kursi keempat setelah Kosta Rika, Meksiko, dan Kolombia sebagai negara dengan penduduk paling bahagia di dunia. Alhasil, tidak jarang, orang-orang yang tinggal di sana cenderung berusia panjang.

 

3. Negara yang Penduduknya Gampang Mencari Jodoh

Gambar Istimewa

Berbeda dengan warga negara lainnya, para penduduk Vanuatu tidak perlu merasakan sensasi susahnya mencari jodoh. Bagi warga Vanuatu, status single tidak akan disandang lama-lama lantaran di sana pernikahan adalah salah satu hal yang paling penting.

Bahkan, tingkat pernikahan di Vanuatu disebut-sebut mencapai angka 100 persen. Tingginya angka pernikahan ini kabarnya disebabkan kebanyakan warga Vanuatu mengenal tradisi perjodohan untuk anak-anak mereka.

Alhasil, ketika sudah menginjak usia yang sudah cukup untuk mengarungi bahtera rumah tangga, para warga Vanuatu pastinya sudah langsung mendapatkan pasangan untuk dinikahi.

 

4. Pelopor dari Bungee Jumping

Gambar Istimewa

Bungee Jumping ternyata berasal dari Vanuatu lho guys! Ini berawal dari Ritual Nanggol yang kegiatannya mirip dengan olahraga ekstrem tersebut.

Para penerjun akan mengikatkan semacam tanaman merambat ke pergelangan pergelangan kaki mereka sebelum akhirnya menjatuhkan diri ke tanah. Ritual ini dilakukan sebagai bentuk syukuran panen ubi. Biasanya yang melakukan Ritual Nanggol ini adalah pria dewasa atau anak lelaki.

 

Jadi, itulah sedikit gambaran tentang Vanuatu. Dari ulasan di atas, sudah bisa disimpulkan mengapa orang-orang rela membayar milyaran rupiah untuk tinggal di sanakan? Apa kalian juga tertarik untuk menjadi warga negara Vanuatu?

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here