Daftar Fitur-Fitur WhatsApp Untuk Jaga Privasi Chat

0
195

Channel E – Aplikasi WhatsApp adalah aplikasi berbagi pesan yang menyedikan berbagai fitur penting bagi para penggunannya yang ingin menjaga privasinya agar tetap telindungi. Penyediaan fitur-fitur tersebut adalah salah satu bentuk komitmen dari WhatsApp untuk penggunanya.

Hal tersebut diungkapkan langsung oleh Direktur komunikasi WhatsApp Asia yaitu Sravanthi. “WhatsApp berkomitmen untuk menjaga privasi pengguna. Komitmen itu dijalankan dengan semakin advance untuk memproteksi penggunanya.”

Berikut ini adalah daftar fitur keamanan di WhatsApp yang dibisa dimanfaatkan oleh pengguna.


 

1. Fitur Enkripsi End to End

gambar istimewa

Fitur ini memberikan privasi maksimal kepada pengguna atas percakapan yang dilakukan orang lain, fitur dimana WhatsApp maupun pihak ketiga tidak bisa membaca pesan yang dikirim melalui aplikasi ini.

Untuk fitur ini sudah aktif dengan sendirinya seperti yang telah diungkap oleh Sravanthi. “Fitur ini sudah otomatis aktif. Jadi, jangan takut dengan penyadapan karena tidak akan bisa,”ucapnya

 

2. Fitur Read Receipt

gambar istimewa

Nah, untuk itu pengguna bisa memanfaatkan fitur yang bernama ‘Read Receipt’ fitur ini membuat centeng dua biru/tanda laporan bahwa pesan telah dibaca, tidak akan muncul/menghilang meskipun sebenarnya kalian sudah membacanya.

Ada saat dimana pengguna WhatsApp butuh waktu untuk menjawab pesan yang ada di aplikasi ini. Untuk cara pengaktifannya melalui menu Pengaturan lalu pilih akun dan pilih privasi setelah itu kalian bisa menonaktifkan Read Receipt.

 

3. Fitur Foto Profil

gambar istimewa

Penggunan WhatsApp bisa juga mengatur siapa saja yang boleh/diizinkan untuk melihat foto profil yang dipasang di Whatsapp.

Cara untuk pengaktifannya dengan masuk ke menu pengaturan, akun , lalu pribadi, lalu pilih siapa saja yang boleh melihat foto profil anda ‘ apakah semua orang, yang ada ada didaftar kontak maupun tidak siapapun.’

Fitur ini juga berlaku untuk pengaturan status terakhir dilihat (last seen) berbagai lokasi langsung (live location) dan tentang (about)

 

4. Fitur Menonaktifkan Notifikasi

gambar istimewa

Fitur ini sangat berguna untuk kalian yang ingin menonaktifkan notifikasi dari semua pesan yang diterima.

Cara pengaktifannya dengan cara membuka menu pengaturan lalu pilih Notifikasi, setelah itu kalian dapat menentukan notifikasi mana saja yang ingin ditampilkan.

Fitur ini berlaku bagi pesan personal ataupun grup. Dalam fitur ini anda dapat menentukan notifikasi yang muncul dilayar smartphone kalian dalam bentuk banner, suara ataupun getaran.

 

5. Fitur Verifikasi Dua Langkah

gambar istimewa

Fitur ini sangat berguna untuk menjaga dari seseorang yang tidak bertanggung jawab/tidak dikehendaki mengakses akun WhatsApp kalian.

Fitur ini bisa diaktifkan dengan mengakses menu pengaturan, lalu pilih akun dan lalu pilih ” Verifikasi Dua Langkah” Setelah itu kalian diminta untuk memasukan pin yang berjumlah 6 digit.

Setelah diminta membuat PIN, kemudian kalian akan diminta untuk mendaftarkan email yang berguna jika sewaktu-waktu kalian lupa dengan 6 digit PIN tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here