Fakta Unik Tentang Belgia Yang Tidak Banyak Diketahui Banyak Orang

0
144

Channel EBelgia adalah sebuah negara kecil dibandingkan dengan negara-negara lain di Eropa seperti Italia, Spanyol, Inggris, atau Prancis. Walaupun kecil, Belgia menawarkan banyak keseruan. Sehingga tidak salah jika banyak yang menyebut Belgia sebagai inti dari Eropa. Nah, apa saja sih fakta-fakta seru tentang negara berbendera hitam, kuning, dan merah ini? Let’s find out!


1. Pusat berlian dunia

gambar istimewa

Belgia adalah pusatnya berlian. Selain menjadi pusat penjualan, negara ini juga memiliki banyak industri pemolesan berlian. Salah satu yang paling terkenal adalah Antwerp, yakni sebuah ibu kota di Belgia yang sudah menjadi pusat berlian dunia semenjak tahun 1400-an

 

2. Rumahnya kentang goreng

gambar istimewa

Banyak orang tahu bahwa kentang goreng atau yang sering disebut “french fry” atau chip berasal dari Perancis. Ternyata, kentang goreng sebenarnya berasal dari Belgia. Di Belgia, french fries disebut dengan ‘Frites’ atau ‘Patat met Mayo’.

 

3. Produksi coklat 220 ribu per ton

gambar: Istimewa

Setiap tahunnya, Belgia memproduksi sekitar 220 ribu ton coklat. Itu artinya, rata-rata setiap orang di Belgia mengkonsumsi 22 kg coklat per tahun.

 

4. Negara penemu Saxophone

gambar: Istimewa

Jika Anda jalan-jalan ke mal, Anda mungkin sering mendengar alunan musik saxophone. Ya, Adolphe Sax, orang yang menemukan alat musik yang sering dipakai pada musik jazz ini, adalah orang Belgia.

 

5. Negara Tanpa Pemerintahan

gambar: Istimewa

Apa? Kok bisa? Memang menakutkan, tapi Belgia nggak punya pemerintahan yang official hampir dua tahun ini lho. Saat ini negara ini dijalankan oleh caretaker goverment, yaitu pemerintahan yang bersifat sementara.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here