Mitos Kesehatan Yang Terlanjur Dipercayai, Ternyata Salah Kaprah!

0
280

Channel E – Pernahkah dulu kalian mendapatkan larangan dari orang tua kalian saat masih kecil seperti contohnya “jangan makan eskrim, lagi pilek,” yup hingga saat ini, mitos-mitos seputar kesehatan memang masih banyak beredar dimasyarakat.

Nah, biasanya mitos-mitos tersebut hasil dari turunan orang tua. Tapi terkadang ada mitos-mitos yang sebenarnya tidak benar, karena kurangnya pengetahuan terkadang membuat kita binggung memilih antara percaya atau tidak dengan anjuran kesehatan tersebut.

Berikut ulasanya seperti yang telah dirangkum Channel E dari beberapa sumber:

1. Pergi keluar dengan keadaan rambut basah

gambar istimewa

Banyak dari kita dulu yang sering mencuci rambut sebelum pergi dan tidak punya waktu untuk mengeringkanya. Tak sedikit dulu diantara kita dimarahi atau dilarang oleh Ibu kita hanya karena melakukan hal tersebut, karena dikhawatirkan bisa masuk angin.

Namun sebenarnya masuk angin itu bisa terjadi tergantung dengan kekuatan daya tahan tubuh kita. Sebenarnya masuk angin dan pilek itu terjadi karena virus, yang dapat kapan saja bisa menyerang daya tahan tubuh kita. Sudah tahu kan, ternyata keluar dengan rambut basah bukan penyebab utama masuk angin ataupun pilek.

2. Suplemen Vitamin Yang Dipercayai Bisa Jaga Kesehatan

gambar istimewa

Siapa yang diantara kita pernah bilang “Untung udah minum vitamin jadi kesehatan aman,” jangan terlanjur tenang dulu, bisa jadi suplemen yang kita konsumsi ternyata sia-sia dan malahan bisa memberikan efek yang kurang baik untuk tubuh.

Dilansir dari sebuah proyek penelitian 20 tahun tentang suplemen vitamin menunjukkan “Bahwa orang-orang yang banyak mengonsumsi suplemen vitamin ternyata memiliki kesempatan lebih tinggi terkena kanker.”

3. Jangan Terlalu Dekat Jika Menonton Televisi

gambar istimewa

Siapa yang dulu diantara kita pernah dimarahi oleh orang tua kita, karena menonton televisi terlalu dekat, banyak orang mempercayai menonton televisi terlalu dekat dapat merusak mata. Namun faktanya, mungkin menonton televisi dengan jarak dekat bisa membuat mata lelah, tetapi bukan menjadi penyebab mata rusak.

4. Soda Susu Bisa Bersihkan Paru-Paru

gambar istimewa

Siapa diantara kalian khususnya perokok aktif yang percaya jika soda yang dicampur susu, bisa membersihkan paru-paru jika kalian percaya dengan hal tersebut maka salah besar. Karena pada faktanya tidak ada penelitian yang membuktikan bahwa minuman soda yang dicampur susu itu dapat membersihkan paru-paru.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here