Wisata di Banten yang Tak Kalah Eksotis dari Gunung Luhur

0
247

Channel E – Baru-baru ini, Gunung Luhur menjadi destinasi wisata buruan wisatawan. Sebab, banyak orang yang penasaran dengan gunung yang terletak di Desa Citorek, Kidul, Banten, itu karena dianggap memiliki pesona bak Negeri di Atas Awan.

Setelah pesona Gunung Luhur menjadi viral, ribuan orang pun memadati destinasi wisata tersebut selama beberapa hari terakhir. Bahkan, pada Minggu (22/9) sebuah video memperlihatkan pengunjung yang membeludak, hingga menyebabkan kemacetan sepanjang 7 km.

Nah, oleh karena itu, buat kamu yang berencana mengunjungi Gunung Luhur, tetapi malas terkena macet yang berkepanjangan, bisa juga mengunjungi beberapa destinasi wisata di sekitar Gunung Luhur yang tak kalah menarik buat dikunjungi.

1. Pantai Bagedur

gambar istimewa

Destinasi pertama yang bisa kamu kunjungi saat liburan di Banten adalah Pantai Bagedur. Selain lokasinya yang berada tidak jauh dari Jakarta, pantai ini terkenal akan ombaknya yang tak terlalu besar, sehingga kamu bisa bermain di sekitar pinggir pantai sembari menikmati suasana alam sekitar.

Terletak di Desa Sukamanah, Malingping, Lebak, Banten, Pantai Bagedur yang tidak terlalu ramai membuat tempat ini sangat pas untuk kamu yang ingin menyendiri sementara waktu. Jika beberapa pantai di Indonesia melarang adanya wisatawan yang membawa kendaraan pribadinya masuk ke area pantai, di sini kamu bisa menikmati hamparan pasir putih dengan menaiki sepeda ataupun sepeda motor.

Menariknya lagi, Pantai Bagedur juga menjadi spot yang cukup ideal bagi kamu yang ingin berkemah atau mendirikan tenda untuk menikmati suasana sekitar. Pantai ini juga memiliki fasilitas yang cukup lengkap, seperti toilet, kamar mandi, ruang bilas yang bersih, dan beberapa warung yang berjajar menjual berbagai makanan, serta minuman ringan.

Untuk menuju Pantai Bagedur, kamu harus menempuh perjalanan darat kurang lebih selama empat jam dari Jakarta dan tiga jam dari Serang.

2. Pantai Tanjung Layar Sawarna

gambar istimewa

Selain Pantai Bagedur, pantai menarik selanjutnya untuk menghabiskan liburan di Banten adalah Pantai Tanjung Layar Sawarna. Pantai Tanjung Layar Sawarna terletak di wilayah Kecamatan Bayah, Lebak, provinsi Banten.

Suasananya yang masih alami, belum lagi keunikannya pantainya, menjadi alasan kenapa Tanjung Layar Sawarna banyak diminati wisatawan. Keunikan Pantai Tanjung Layar adalah adanya sebuah batu karang raksasa di tengah laut yang mirip dengan layar perahu yang konon merupakan milik Sangkuriang.

Di sisi lain, dari pantai ini juga terdapat sebuah karang unik yang oleh masyarakat disebut sebagai bekas pijakan kaki raksasa berukuran sekitar dua meter. Karang ini disebut sebagai jejak kaki Kabayan.

Menikmati pemandangan unik berupa batuan karang raksasa yang dibalut cerita legenda akan lebih seru jika sambil bermalam di sana. Kamu juga bisa berkemah di sekitar pantai agar liburanmu semakin seru.

Selain itu, di sini kamu bisa menyaksikan panorama senja yang memukau. Apalagi, ada beberapa spot foto yang tentunya sayang untuk dilewatkan.

3. Kebun Teh Cikuya

gambar istimewa

Enggak cuma Bogor yang punya destinasi wisata sejuk khas pegunungan. Banten pun juga punya destinasi wisata serupa, lho, tepatnya di Kebun Teh Cikuya. Berada di ketinggian sekitar 1.000 mdpl, di sini kamu bisa menikmati sejuknya udara pegunungan dengan nuansa alami perbukitan dan pepohonan yang khas.

Selain udara yang sejuk, suasananya yang hening membuat Kebun Teh Cikuya sangat pas bagi kamu yang ingin menyegarkan pikiran dan rehat sejenak dari padatnya aktivitas. Kebun teh seluas 120 hektare itu tak pernah sepi oleh wisatawan, terutama ketika tanggal merah dan weekend. Terletak di Desa Hegarmanah, Kecamatan Cibeber, Lebak, kamu harus menempuh perjalanan sekitar tiga jam untuk menuju Kebun Teh Cikuya dari Banten.

 

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here