Fakta Kehidupan Sungai Gangga yang Membuatmu Bergidik

0
183

Channel ESungai Gangga adalah sungai yang terkenal di India karena sungai ini merupakan sumber kehidupan yang penting bagi masyarakat India. Sungai ini juga dianggap sebagai sungai paling suci bagi umat agama Hindu di India.

Meskipun dianggap suci ternyata menyimpan beberapa fakta yang cukup bikin ngeri, loh… Namun fakta-fakta tersebut tidak menghentikan masyarakat India untuk tetap melakukan kegiatan sehari-harinya di sungai tersebut.

 

1. Saluran Pembuangan dari Kota-kota Berakhir di Sungai Gangga

gambar: Istimewa

Seperti halnya kota-kota lain, berbagai kota di India juga memiliki sistem pembuangan agar kota tetap bersih. Sayangnya banyak kota dan pabrik mengarahkan saluran pembuangan ini ke Sungai Gangga.

 

2. Mayat yang Tidak Dikremasi Dihanyutkan di Sungai Gangga

gambar: Istimewa

Setelah upacara pembakaran mayat selesai, maka sisa-sisa abu dan tulang si mayat akan dibuang ke sungai ini. keluarga yang tidak mampu mengkremasi seseorang yang meninggal akhirnya hanya menghanyutkan mayat mereka begitu saja di sungai ini.

 

3. Masyarakat Menggunakan Air Sungai Ini Untuk Kepentingan Umum

gambar: Istimewa

Meski bisa dipastikan memiliki tingkat polusi yang tinggi, masyarakat sekitar sungai Gangga masih bergantung pada sungai ini untuk kepentingan minum, mandi, dan mencuci. Mereka bahkan juga tidak heran ataupun terkejut ketika melihat mayat yang mengapung di dekat mereka saat sedang mengambil air. Mencuci atau mandi dengan mayat berada didekatnya adalah hal yang biasa.

 

4. Usaha Membersihkan Sungai Gangga dari Polusi yang Gagal

gambar: Istimewa

Pemerintah setempat sebenarnya tidak tinggal diam melihat kondisi sungai Gangga yang menjadi pusat kehidupan banyak orang ini tercemar. Usaha membersihkan sungai Gangga pertama kali dilakukan pada tahun 1986 oleh Perdana Menteri Rajeev Gandhi. Program ini dinamakan Gangga Action Plan. Namun usaha ini gagal meski telah mengeluarkan uang hingga 9.017 juta Rupee sehingga pada tahun 2000, rencana ini ditarik kembali.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here