Pengalihan Rute Transjakarta Akibat Demo Hari Ini Senin (30/9)

Ada kabar baru untuk kalian yang sedang berada di Jakarta. Kabarnya, akan ada demo Jakarta hari ini. Dilansir dari beberapa sumber. Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengumumkan bahwa ada 5 rute transjakarta yang dialihkan pada hari ini, Senin 30 September 2019. Berikut ulasan pengalihan rute Transjakarta yang harus kamu ketahui.


 

1. Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) Akan Kembali Demo

Gambar Istimewa

Lanjutan dari aksi demonstrasi tanggal 23-25 September 2019 kemarin, para Aliansi Mahasiswa Indonesia (AMI) kembali menggelar demo pada hari ini(30/9) pukul 11.00 WIB. Pengumuman tersebut disampaikan melalui Instagram @kontras_update.

Adapun mereka kembali berunjuk rasa tujuh tuntutan#ReformasiDikorupsi dan masih melakukan aksinya di depan Gedung DPR/MPR. Beberapa rute transjakarta akan dilakukan pengalihan untuk antisipasi dan sebagai bentuk komitmen untuk tetap melayani pelanggan.

 

2. Deretan Rute yang Dialihkan

Gambar Istimewa

Kepala Divisi Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transportasi Jakarta, Nadia Diposanjoyo mengatakan terdapat lima rute yang dialihkan pada hari ini. Rute tersebut meliputi sebagai berikut :

  • Koridor 9 : Pinang Ranti – Pluit sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Slipi Petamburan dikarenakan adanya penutupan jalan.
  • Rute 4A : TU Gas – Grogol sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan dikarenakan adanya pentupan jalan.
  • Rute T11 : Bundaran Senayan – Poris Plawad sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Slipi Petamburan.
  • Rute 1F : Bundaran Senayan – St.Palmerah dan 1B : Tosari – St.Palmerah mengalami pengalihan rute terkait adanya penutupan jalan di sekitar MPR/DPR. Untuk sementara tidak melewati halte Senayan JCC, DPR 1 dan DPR 2.
  • Rute 3F : Gelora Bung Karno – Kalideres sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan dikarenakan adanya penutupan jalan di sekitar MPR/DPR.

 

3. Akan Kembali Saat Situasi Kondusif

Gambar Istimewa

Melalui beberapa sumber, PT Transportasi Jakarta masih belum memberikan kabar pasti kapan rute akan kembali normal. Pengalihan rute ini direncanakan akan berakhir sampai kawasan sekitar Gedung DPR telah kondusif. Maka dari itu kalian dianjurkan untuk tetap berhati-hati selama berkendara.

 

4. Tips Aman Hindari Demo

Gambar Istimewa

Untuk kamu yang sedang jalan-jalan pastinya akan panik jika berpapasan dengan demo. Namun tak perlu khawatir, kamu bisa lakukan beberapa cara ini agar tetap aman saat terjebak demo.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah jangan panik dan segera cari rute alternatif. Kedua, kamu bisa berjaga-jaga membawa sarung tangan anti panas, tumbler, dan kantung udara berbahan raket untuk meredam water cannon.

Terakhir jika kamu benar-benar sendirian dan terjebak, maka hal yang harus dilakukan adalah berjongkok melindungi kepala. Jika mulai kesusahan, kamu juga bisa mengangkat tangan seakan-akan sudah menyerah.

 

Itu dia pengalihan rute Transjakarta yang harus kamu ketahui. Dengan adanya demonstrasi ini semoga kamu dan orang terdekat bisa tetap aman dan menjaga diri, ya. Semoga informasi ini bermanfaat untuk kalian semua.

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here