Selain Dianggap Cerdas, Ini 5 Mitos dan Fakta Orang Berkacamata

0
162

Channel E – Bagi kamu yang menggunakan kacamata, jangan berkecil hati. Karena sosok orang berkacamata, baik perempuan atau laki-laki selalu dianggap pintar. Benar enggak ya?

Meski sebenarnya penggunaan kacamata fungsinya untuk membantu penglihatan orang dengan kelainan, tapi rata-rata orang dianggap cerdas. Itu berdasarkan studi dari Universitas Edinburgh yang menganalisis data kognitif dan genetik lebih dari 300.000 orang, berusia antara 16-102 tahun.

Kemudian studi ini dipublikasikan di jurnal Nature Communications, yang mana ditemukan bahwa seseorang yang memakai kacamata dikaitkan dengan tingkat kecerdasan yang lebih tinggi. Di samping pintar, orang yang menggunakan kacamata juga dianggap sebagai orang yang jujur, lebih cepat diandalkan, dan rajin.

Para peneliti juga menganalisis genetik yang signifikan dengan fungsi kognitif umum, waktu reaksi, dan banyak variabel kesehatan. Termasuk juga dengan fungsi penglihatannya, hipertensi, dan umur panjang.

Tak cukup itu, peneliti juga menemukan korelasi negatif antara fungsi kognitif dan berbagai masalah kesehatan seperti depresi, kanker paru-paru, dan gangguan jantung.Terlebih, ada juga beberapa mitos dan fakta seputar orang berkacamata yang harus Anda tahu.

Pakai kacamata terlalu tebal merusak mata.

Kacamata mengubah sinar cahaya yang diterima mata. Memakai kacamata yang tebal tidak dapat menyakiti mata orang dewasa, meskipun bisa menyebabkan sakit kepala sementara. Ini hanya terjadi pertama kali dan Anda harus beradaptasi lebih dulu sampai terasa nyaman.

Makan wortel dapat mengecilkan ukuran kacamata.

Sayuran wortel memang baik untuk menjaga kualitas penglihatan seseorang karena mengandung vitamin A. Tapi sayuran oranye ini bukan dikonsumsi untuk mengecilkan ukuran kacamata. Sebab, nutrisi dalam sepotong wortel bisa mencegah kerusakan mata atau juga mencegah mata minus yang mengganggu.

Duduk dekat televisi bisa merusak mata.

Menonton televisi dengan LCD dan layar datar tidak dapat menyebabkan efek berbahaya pada matamu. Tapi yang jelas duduk berjam-jam di depan komputer atau menonton film 3D akan membuat mata lelah. Namun kamu tetap dapat mengobati mata lelah itu, caranya dengan beristirahat sejenak atau menutupnya selama lima menit.

Tidak mengenakan kacamata baca bisa memperburuk penglihatan.

Kalau nantinya kamu tidak mengenakan kacamata saat usia bertambah tua dampaknya penglihatan jadi kabur. Namun yang harus kamu pahami ialah jika tidak menggunakan kacamata bisa sebabkan ketegangan mata. Tapi ini sifatnya sementara dan harus dicegah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here