Buaya Nil adalah Hewan dengan Gigitan Terkuat?

 

Channel EBuaya Nil merupakan buaya terbesar di benua Afrika. Buaya yang memiliki panjang sekitar 5 m atau 16 kaki dengan panjang maksimum 6 m atau 20 kaki ini, merupakan buaya terbesar kedua di dunia setelah buaya air asin.

Berat buaya Nil sekitar 500 hingga 1650 pound. Ukuran buaya Nil jantan lebih besar 30 persen dari buaya Nil betina. Buaya Nil dapat ditemukan di sebagian besar Afrika dan pulau Madagaskar. Namun buaya Nil sebagian besar ditemukan di muara Sungai Nil, Mesir.


Buaya Nil memiliki Rahang yang panjang dan kuat cocok untuk melumat mangsanya. Giginya yang mengerucut tajam dan kuat membuat mangsa mustahil untuk kabur.

gambar: Istimewa

Buaya yang memiliki nama ilmiah crocodylus niloticus ini, merupakan predator puncak lho di habitatnya. Buaya Nil dewasa mampu memangsa hewan yang dua kali lebih besar dari ukurannya, dan menjangkau semua mangsa yang ada di sekitarnya.

Ia mampu memangsa sapi, kuda nil, jerapah, kerbau, gajah, burung unta, ular sanca, dan hewan besar lainnya. Bahkan buaya Nil juga mampu memangsa spesiesnya sendiri lho. Pada buaya Nil yang masih muda, hanya mampu memangsa ikan dan invertebrata.

Buaya Nil merupakan salah satu ancaman terbesar bagi penduduk di sekitar sungai Nil, dan kawasan perairan lainnya di mana hewan buas ini dapat ditemukan. Diperkirakan sekitar 200 hingga 300 orang tewas setiap tahunnya gara-gara serangan dari buaya Nil. Buaya Nil umumnya menyerang penduduk sekitar yang mencuci baju di sungai.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here