Channel E – Berapa sih rata-rata umur yang dimiliki hewan? Apakah lima tahun? Atau sepuluh tahun? Seperti jenisnya yang bermacam-macam, umur hewan sesungguhnya tidak seragam.

Dilansir dari IdnTimes, Ada hewan seperti kucing atau anjing yang umumnya bisa hidup hingga usia 15 tahun, bahkan ada juga hewan yang umurnya bisa melebihi satu abad seperti kura-kura. Lalu, bagaimana dengan hewan yang memiliki usia pendek? Hewan semacam apa sih yang memiliki usia hidup paling singkat?

Berikut ini adalah jenis-jenis hewan yang diketahui memiliki usia paling pendek. Kamu pasti bakal terkejut seberapa singkat umur yang dimiliki hewan-hewan ini.


 

1. Hamster, 2 – 4 Tahun

Gambar Istimewa

Hewan kecil ini memang salah satu hewan yang laris dijadikan peliharaan karena parasnya yang imut. Namun sayangnya, keimutannya gak berlangsung lama lantaran umurnya yang terbilang cukup singkat. Ya, seekor hamster rata-rata hidup hanya sampai dua hingga empat tahun saja.

 

2. Ikan Cere, 2 tahun

Gambar Istimewa

Ikan yang satu ini juga disinyalir hanya bisa mencapai usia dua tahun saja. Spesies ikan pemakan nyamuk ini juga sering dimanfaatkan untuk membasmi nyamuk dengan cara ditempatkan di selokan dan nanti mereka akan memakan telur dan juga jentik-jentik nyamuk yang di sekitarnya.

 

3. Nyamuk, 10 – 56 Hari

Gambar Istimewa

Memiliki nasib yang sama dengan pemangsanya, nyamuk ternyata juga memiliki umur yang gak kalah pendek. Untuk nyamuk betina biasanya memiliki usia yang lebih panjang hingga beberapa bulan, sementara untuk nyamuk jantan hanya sekitar 10 hari. Perlu diketahui juga bahwa hanya nyamuk betina saja yang menghisap darah lho, sementara nyamuk jantan bertahan hidup dengan mengonsumsi madu layaknya lebah.

 

4. Bunglon, 1 Tahun

Hewan bunglon memang menjadi salah satu hewan reptil yang memiliki umur pendek. Umumnya bunglon bisa mencapai usia dua hingga tiga tahun. Tapi untuk beberapa jenis bunglon seperti jenis Panther dan Labord’s, umurnya hanya satu tahun saja.

 

5. Capung, 4 – 6 bulan

Gambar Istimewa

Jika kamu cuma diberikan umur sepanjang empat bulan saja, apa yang bakal kamu lakukan? Pastinya kamu akan mencoba memaksimalkan umur yang tersisa bukan. Sayangnya hal semacam itu gak berlaku untuk hewan capung. Karena dengan usia yang singkat selama empat bulan, mereka menghabiskan sebagian besar hidupnya dengan menjadi larva. Sementara ketika sudah bermetamorfosa, mereka akan memanfaatkan waktu yang tersisa untuk bereproduksi.

 

6. Lalat, 4 Minggu

Gambar Istimewa

Meski memiliki umur yang singkat, usia empat minggu gak menyulitkan lalat untuk berkembangbiak. Bayangkan saja, sekali dia bereproduksi saja bisa menghasilkan 1000 telur!

 

7. Semut Pejantan, 2 Minggu

Gambar Istimewa

Berbeda dengan jenis semut pekerja, semut pejantan menghabiskan hidupnya hanya untuk makan dan mengawini ratu semut. Untuk tugasnya yang terbilang simpel, dua minggu sepertinya bukan waktu yang terlalu sedikit.

 

8. Lalat Capung, 24 Jam

Gambar Istimewa

Hewan terakhir dengan umur yang paling pendek adalah lalat capung, dengan panjang umur yang cuma 24 jam alias sehari! Kebayang gak sih betapa pendeknya hidup binatang yang satu ini. Layaknya capung, lalat capung juga menghabiskan sebagian besar masa hidupnya menjadi nimfa, dan akhirnya sisa hidup yang dia miliki hanya digunakan untuk bereproduksi.

 

Waah, gak kebayang ya umur hewan-hewan ini bisa pendek banget. Jika panjang usia mereka diterapkan ke manusia, sudah pasti sebentar banget ya.

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here