Channel EUnicorn adalah salah satu mahluk mitos paling terkenal hingga saat ini di dunia. Beberapa teori menyatakan bahwa hewan tersebut secara bertahap sudah berevolusi. Dalam sebuah laporan awal di abad ke empat, dokter Yunani Ctesias pernah mencatat tentang hal itu.

“Di India ada hewan liar tertentu yang miliki ukuran sebesar kuda, bahkan lebih besar. Tubuh mereka berwarna putih, kepala mereka merah tua, dan memiliki mata berwarna biru tua. Hewan tersebut memiliki tanduk di dahi yang panjangnya sekitar satu setengah kaki,” Tulis dokter Yunani Ctesias. Ia juga menambahkan jika tanduknya ini berwarna putih, merah dan hitam.

Tanduk dari unicorn ini dipercaya mampu menyembuhkan penyakit, walaupun banyak literatur, namun tetap saja belum ada bukti yang benar-benar menunjukan eksistensi dari hewan yang menjadi lambang negara skotlandia itu.  Beberapa orang ada yang percaya jika binatang semacam ini telah punah sejak lama. Sementara sebagian orang lain percaya bahwa mereka “berlindung” di sebuah negeri yang jauh.

Namun beberapa orang menyatakan jika mereka telah melihat unicorn secara sporadis. Mengutip dari Mysterius Universe pada tahun 1991 ahli alam Austria yakni Antal Festetics diduga menangkap pergerakan hewan ini ketika merekam dokumenter satwa liar di pengunungan Harz, Jerman.

“Tiba-tiba seekor hewan unicorn datang ke arahku dengan cepat. Ada cahaya di sekitar binatang itu. Kudaku hampir melemparku dan kemudian itu hilang dengan cepat,” katanya pada majalah Die Ganze Woch.

Gambar Istimewa

Cerita yang banyak beredar menyatakan bahwa unicorn sangat diburu karena manfaat dari tanduknya, yang dipercaya banyak orang memiliki kekuatan magis dan berguna untuk penyembuhan seperti penetral racun.

Pada tahun 1600-an, surat kabar London memuat sebuah iklan ramuan yang terbuat dari tanduk unicorn. Diklaim, obat itu bisa menyembuhkan borok, kudis, kesedihan, pembengkakan kelenjar getah bening, hingga TBC. Dalam budaya populer seperti film Harry Potter bahkan menggambarkan darah hewan ini bisa memperpanjang usia.

Sekalipun belum ada yang bisa membuktikan keberadaannya, kepopuleran unicorn tidak akan pernah luntur. Apalagi istilah tersebut saat ini telah banyak digunakan dalam bidang lain.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here