Channel E – Indonesia mempunyai kebudayaan yang sangat beragam, dari situlah Indonesia melahirkan sebuah tradisi, kesenian, hingga legenda dan mitos. Kota Jambi memiliki salah satu mahluk mitologi yang bernama Cindaku. Cindaku sendiri adalah mahluk mitologi yang hampir mirip atau serupa dengan warewolf, namun hanya saja yang membedakan cindaku adalah gabungan dari macan atau harimau dengan manusia.

Sementara warewolf merupakan gabungan dari manusia dan serigala. Cindaku digambarkan sebagai mahluk yang memiliki perwujudan dari manusia harimau, dimana sosok mereka adalah seorang manusia yang dapat melakukan perubahan wujud menjadi bentuk setengah harimau dan cindaku sendiri bisa berdiri layaknya manusia.

Menurut legenda yang beredar mahluk cindaku adalah sebuah kekuatan, seseorang yang memiliki sebuah ilmu magis yang merupakan sebuah warisan dari nenek moyang mereka dahulu yang pernah tinggal di tempat itu. Lewat legenda itu juga, dipercaya bahwa yang memiliki kemampuan untuk berubah menjadi cindaku adalah mereka yang mempunyai bakat spritual dan berdarah murni.

Kisah manusia harimau cindaku yang berasal dari kerinci ini bermula dengan kisah tentang legenda nenek moyang orang-orang kerinci yang mempunyai sebutan tingkas. Tingkas adalah kelompok yang membina hubungan baik dengan harimau, dan juga bertugas sebagai penjaga batas dari manusia dan harimau itu sendiri.

Hal inilah yang menjadi alasan mengapa seorang cindaku bisa mengubah wujud mereka menjadi setengah harimau, agar mereka bisa menjadi perantara antara harimau dan manusia sehingga kedua belah pihak tidak menyalahgunakan peran mereka masing-masing.

Ternyata, itulah kisah yang ada dibalik mitos cindaku, tidak terpusat pada penggunaan kemampuan gaib yang dimiliki oleh para cindaku, melainkan lebih membahas tentang hubungan harimau dengan manusia.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here