Channel ETangan adalah salah satu bagian tubuh yang paling sering untuk kita gunakan, memegang segala hal mulai dari makanan hingga menyiram toilet. Berbagai aktivitas itu tentu mengakibatkan peningkatan jumlahnya bakteri di tangan. Menjaga kesehatan dimulai dengan menjaga kebersihan tangan. Cara terbaik untuk membersihkan tangan adalah mencuci tangan dengan sabun pada air mengalir, khususnya sebelum makan. Dalam keadaan darurat, banyak orang yang menggantikan kegiatan mencuci tangan dengan menggunakan hand sanitizer. Namun terdapat dampak buruk dari hand sanitizer untuk kesehatan, mungkin belum banyak yang mengetahui. Sebagai alternatif untuk mencuci tangan dengan sabun yang lebih praktis, tapi tak banyak yang mengetahui terdapat berbagai efek samping dari penggunaannya.

Kini yang harus diperhatikan adalah hand sanitizer merupakan sebuah cairan yang biasa terbuat dari berbahan dasar alkohol dengan berbagai bentuk atau yang tidak berbahan dasar alkohol namun mengandung Triclosan. Dalam dunia kesehatan, Triclosan masih menimbulkan pertanyaan dalam penelitian dan diskusi akan dampaknya pada kesehatan. Agar dapat lebih berhati-hati dan lebih waspada, simak beberapa bahayanya jika terlalu sering menggunakan hand sanitizer bagi kesehatan.

1. Kebal Dengan Antibiotik

gambar istimewa

Antibotik sangat ampuh dalam melawan dan mematikan bakteri. Tapi, apakah pernah terpikirkan kalau tubuh kita bisa jadi kebal dengan antibiotik atau bahkan bakterinya. Penggunaan hand sanitizer juga dapat menurunkan kekebalan terhadap penyakit karena terbunuhnya bakteri baik sedangkan bakteri jahat dalam kondisi terlindungi. Jika terlalu banyak menggunakan antibiotik yang tidak tepat dapat menyebabkannya resistensi bakteri terhadap antibiotik dan membuat  sulit untuk diobati. Meski begitu tak semua bakteri bisa mati hanya dengan menggunakan hand satinizer.

2. Menyebabkan Masalah Pada Kulit

gambar istimewa

Terlalu sering menggunakan Hand Sanitizer juga tidak baik bagi kesehatan kulit. Kulit yang terpapar alkohol terus menerus dapat mengakibatkan iritasi pada kulit. Kulit pun menjadi rentan untuk keriput. Selain itu, dampak dari penggunaan gel pembersih tangan yang mengandung Triklosan atau Triklokarban memang tidak akan langsung terasa. Biasanya penggunaan rutin dalam jangka waktu tiga sampai lima tahun baru akan mengakibatkan kulit kering dan sensitif.

3. Melemahnya Sistem Imun

gambar istimewa

Beberapa penelitian telah menunjukkan bahwa Triclosan juga dapat membahayakan sistem kekebalan tubuh, yang melindungi tubuh terhadap penyakit. Penelitian lainnya menemukan, anak-anak dan remaja dengan tingkat Triclosan yang lebih tinggi karena bisa saja didiagnosis dengan demam atau bahkan alergi lainnya.

4. Mengandung Bahan Kimia Berbahaya

gambar istimewa

Hand sanitizer juga mengandung bahan kimia yang berbahaya untuk tubuh. Senyawa kimia sintetis yang disebut Phthalate merupakan pewangi dari gel pembersih tangan ini. Cairan ini tidak berbau, karena hanya sebagai agen pelarut baik untuk parfum. Phtalates merupakan bahan kimia yang berbahaya dan terkait dengan berbagai gangguan endokrin, toksisitas perkembangan janin dan sistem reproduksi, penurunan motilitas (gerak) dan konsentrasi (jumlah) sperma, serta alergi, asma, hingga kanker.

Maka dari itu luangkan saja untuk mencuci tangan dengan sabun di air yang mengalir. Hanya dengan mencuci tangan dengan sabun selama 20 detik itu sudah lebih baik dibandingkan dengan cara instan menggunakan hand satinizer, yang belum tentu menghilangkan semua bakteri jahat di tangan kita.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here