Wisata Instagramable di Surabaya

 

Channel E – Sebagai kota yang sarat akan warisan sejarah, ada banyak kawasan bangunan tua Surabaya tersebar di seluruh sudut. Beberapa dibiarkan begitu saja, namun banyak yang sudah ditetapkan sebagai cagar budaya. Tempat-tempat ini kerap jadi spot hunting foto keren nan kekinian. Pasti kalian penasaran kan? Dilansir dari Tri Vevandi/Ty. Yuk, simak ulasannya berikut ini.


 

1. Jalan Gula

Gambar Istimewa

Jalan Gula merupakan kawasan vintage yang sedang digandrungi dalam beberapa tahun terakhir. Jalanan ini bukan kawasan elit, terdiri dari deretan bangunan tua di gang lumayan sempit. Dulunya daerah ini diisi banyak pabrik tembakau, namun semuanya sudah tak berfungsi lagi.

Barisan bangunan tua nan klasik di sini kerap jadi daya tarik bagi anak muda dan fotografer di Surabaya. Bahkan tak jarang yang memilihnya sebagai tempat untuk menggelar sesi foto pre-wedding.

 

2. Jalan Peneleh

Kawasan Jalan Peneleh VII (c) Tri Vevandi

Kawasan ini memiliki banyak bangunan ikonik yang sarat nilai sejarah. Sebut saja Jembatan Peneleh, Museum HOS Tjokroaminoto, Toko Buku Peneleh, Makam Belanda, serta Rumah Roeslan Abdulgani. Di luar deretan wisata sejarah ini, sebagian besar bangunan di kawasan Peneleh mengusung arsitektur lawas. Kalian bisa menyusuri jalanan di sini bila ingin mendapatkan foto menarik.

 

3. Jalan Tunjungan

Kawasan bangunan tua di Jalan Tunjungan (c) Tri Vevandi

Kawasan kota tua ini berada di jantung Surabaya, berada tak jauh dari sejumlah pusat bisnis, perbankan, perkantoran, dan mall. Warga Surabaya maupun wisatawan luar kota sering mengunjungi kawasan ini untuk sekedar berfoto.

Jalan Tunjungan juga merupakan kawasan bersejarah berkat adanya Hotel Majapahit. Penginapan mewah ini jadi saksi bisu perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan.

Begitu malam datang, jalanan di sekitar sini bakal semakin ramai. Tak sedikit warga yang habiskan waktu dengan nongkrong di kursi taman sepanjang jalan. Jika kalian ingin mendapatkan foto tanpa banyak kendaraan lalu lalang, kalian harus datang lebih pagi atau malam sekalian.

 

4. Jalan Slompretan

Gedung Tan Brothers (c) Tri Vevandi

Kawasan ini berada dekat dengan Jalan Gula, tepatnya di daerah Bongkaran, Surabaya. Deretan bangunan tua di sini sebagian merupakan peninggalan dari zaman Belanda. Salah satunya adalah Gedung Tan Brothers yang sudah berusia sekitar 77 tahun.

Di sini kalian juga bisa mengunjungi destinasi wisata belanja yang cukup populer, yakni Pasar Bong. Kalian bakal merasakan pengalaman seru kala melintasi jalan ini, lantaran suasana di sekitarnya tidak terlalu dipadati lalu lalang kendaraan.

 

5. Jalan Rajawali

Kawasan Jalan Rajawali (c) Tri Vevandi

Di sini kamu bakal menemukan banyak bangunan berusia puluhan tahun. Salah satu yang cukup menonjol dan masih berfungsi penuh adalah Hotel Arcadia. Penginapan ini didesain dengan gaya kolonial Belanda dan sudah ada sejak Abad ke-20. Konon dibangun pada 1913 dan kini sudah ditetapkan Pemerintah Surabaya sebagai bangunan cagar budaya.

 

6. Jalan Bibis

Bangunan tua di Jalan Bibis (c) Tri Vevandi

Kalian juga bisa mengunjungi kawasan ini jika ingin melihat sederet bangunan tua terawat. Sebagian besar mengusung arsitektur unik, perpaduan gaya Arab dan Eropa. Suasana di sini tak terlalu ramai, sehingga kalian bisa lebih leluasa mengabadikan seluruh sudut menarik dengan bidikan lensa kamera.

 

Bagaimana nih guys, tertarik menyusuri setiap sudut kawasan bangunan tua Surabaya? Semuanya sangat mudah dijangkau kok. Selain itu juga hemat budget karena tidak perlu membayar tiket masuk, cukup siapkan dana untuk parkir saja. Jangan lupa mampir jika sedang menjelajah wisata Surabaya ya.

(Channel E – DF)

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here