Channel EAsam urat adalah salah satu jenis penyakit yang cukup merepotkan bagi para penderitanya. Bagaimana tidak, jika penyakit ini kambuh maka persendian akan terasa nyeri dan sulit untuk digerakkan. Hal ini tentu akan membuat penderitanya akan kesulitan untuk melakukkan aktivitas sehari-sehari.

Demi untuk mencegah datangnya asam urat, pakar kesehatan menyarankan kita untuk tidak mengonsumsi makanan yang mengandung zat purin tinggi, kandungan tersebut disebut-sebut menjadi penyebab utama dari penyakit ini. Beberapa jenis makanan tersebut adalah daging merah, jeroan, dan beberapa jenis makanan laut.

Selain itu juga, banyak orang yang menyebut emping, salah satu camilan tradisional yang digemari masyarakat Indonesia ini, juga menjadi penyebab datangnya asam urat. Emping sendiri terbuat dari biji melinjo yang dipukul-pukul sehingga bentuknya menjadi lebih gepeng. Emping biasanya dimasak atau diolah dengan minyak yang kaya akan lemak jahat.

Gambar Istimewa

Karena adanya kandungan lemak jahat inilah yang membuat emping sangat tidak disarankan untuk dikonsumsi oleh penderita asam urat. Di dalam emping juga terdapat kandungan purin yang cukup tinggi. Mengonsumsi emping satu porsi purin sebanyak 100 gram saja sudah cukup untuk membuat kita menelan sekitar 150-800 mg purin.

Jika kita mengonsumsi purin secara berlebih, maka sistem pencernaan akan segera meresponsnya dengan memproduksi asam urat yang akan mengendap di persendian. Karena alasan inilah, ada baiknya penderita asam urat tidak mengonsumsi emping.

Kita juga sebaiknya tidak sering-sering mengonsumsinya demi mencegah datangnya penyakit ini meskipun emping memang memiliki rasa enak dan khas.

Selain itu juga untuk menghindari emping dan makanan kaya purin lainnya, pakar kesehatan menyarankan kita untuk selalu rajin berolahraga sehingga tubuh pun bisa melakukan proses pembuangan asam urat secara alami dengan lebih baik sehingga kita tidak akan mudah terkena penyakit asam urat.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here