Channel E – Yogyakarta memiliki banyak bukit indah yang menawarkan pemandangan menakjubkan. Belakangan ini, banyak tempat foto dan pos-pos penglihatan telah dibangun di berbagai bukit di seluruh provinsi. Namun keindahan perbukitan Yogyakarta tampaknya sudah dikenal luas sejak ratusan tahun yang lalu.

Salah satu bukti nyata adalah Candi Ijo, sebuah kuil tua yang dibangun di atas bukit yang tinggi. Candi ini adalah yang tertinggi di Yogyakarta, yang berarti terletak di garis lintang tertinggi. Dilansir dari HeriSisworo/ty. Berikut adalah berbagai fakta tentang Candi Ijo.


 

1. Dibangun Pada Abad Ke-10

Gambar Istimewa

Candi Ijo diperkirakan akan dibangun pada abad ke-10 M ketika kerajaan Mataram kuno masih berkuasa. Ini adalah kuil Hindu, dengan banyak relief di dindingnya. Anda juga dapat menemukan patung raksasa berkepala dua yang bertindak sebagai penjaga kuil ini. Menariknya, ada berbagai ornamen Budha terlihat di candi ini. Ini menunjukkan bahwa ada semacam akulturasi antar agama pada saat candi ini dibangun.

 

2. Struktur Candi

Gambar Istimewa

Candi Ijo adalah kompleks candi yang terdiri dari 17 bangunan. Kompleks ini terdiri dari beberapa teras dengan ketinggian berbeda. Secara umum, ada dua jenis bangunan; candi utama dan kuil tambahan.

Candi utama memiliki basis persegi dengan pintu masuk ke barat. Kuil tambahan dibentuk lebih kecil dan didedikasikan untuk menghormati Trimurti, tiga dewa tertinggi dalam agama Hindu: Brahma, Wisnu, dan Siwa. Diperkirakan masih ada beberapa bangunan yang masih terkubur di daerah ini.

 

3. Nikmati Matahari Terbenam

Gambar Istimewa

Candi Ijo terletak dekat dengan Candi Prambanan dan Istana Ratu Boko. Karena posisinya yang berbukit, candi ini memiliki panorama alam yang sangat menarik. Anda dapat melihat kota Yogyakarta dari jauh, termasuk landasan pacu di Bandara Internasional Adisucipto.

Tapi seperti Ratu Boko, tempat ini sangat terkenal dengan pemandangan matahari terbenamnya yang spektakuler. Bahkan, banyak pengunjung datang ke kuil ini dengan niat untuk menikmati senja atau mengambil foto spektakuler saat matahari terbenam.

 

4. Lokasi Candi Ijo

Gambar Istimewa

Candi ini terletak di dekat perbatasan Yogyakarta dan Jawa Tengah. Secara administratif, candi Ijo terletak di Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman. Candi ini berjarak sekitar 18 km dari pusat Kota Yogyakarta. Jalan menuju kuil relatif baik, tetapi Anda harus berhati-hati karena kondisi jalan secara alami berbukit. Secara umum, Anda dapat mencapai candi ini dengan cukup cepat dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Kuil ini juga terletak di dekat banyak tujuan wisata terkenal lainnya. Candi Prambanan hanya berjarak sekitar 6 km barat laut. Istana Ratu Boko berjarak 4 km sementara Tebing Breksi hanya berjarak 1 km dari Kuil Ijo. Jam buka kuil adalah pukul 6: 00-17: 30 di sore hari. Biaya masuknya hanya Rp5.000 per orang.

 

Candi Ijo dapat menjadi tujuan yang menarik jika Anda mengunjungi wilayah Prambanan. Candi tertinggi di Yogyakarta ini menawarkan pemandangan yang menakjubkan dan matahari terbenam yang spektakuler.

(Channel E – DF)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here