Channel EGurita adalah salah satu hewan yang mempunyai sebuah keunikan, mengapa bisa dikatakan seperti itu? karena gurita adalah hewan yang memiliki 3 jantung, 9 otak dan memiliki darah yang berwarna biru. Setiap lengannya dikendalikan oleh satu otak secara independen

Dua jantung gurita bekerja khusus untuk memompa darah dalam insangnya, sementara jantung yang ke-3 berfungsi untuk mempertahankan aliran darah pada organ tubuh.

Pada saat berenang, jantung hewan gurita berhenti berdetak, inilah menjadi alasan mengapa gurita lebih senang merangkak daripada berenang (berenang adalah aktivitas yang sangat melelahkan bagi mereka). Seekor hewan gurita juga memiliki 9 otak, terdiri dari 1 otak utama yang melakukan analisa dan pengambilan keputusan,

dan 8 otak tambahan lainnya berfungsi untuk memproses sebuah informasi yang diperoleh dari tiap-tiap lengannya. Dua per tiga sel otak gurita terletak pada lengannya, yang dapat secara independent melakukan aktivitas tanpa menunggu perintah dari otak utama.

Gambar Istimewa

Pada manusia, darah berwarna merah disebabkan oleh keberadaan hemoglobin yang mengandung zat besi untuk mengangkut oksigen ke sel tubuh. Hal ini berbeda dengan hewan gurita, dimana darahnya terdiri cyanoglobin yang mengandung zat berbasis perunggu, dengan fungsi yang sejenis dengan hemoglobin.

Akan tetapi, efektivitas cyanoglobin mengangkut oksigen jauh lebih rendah daripada hemoglobin, oleh karena itu hewan gurita memiliki stamina yang cukup rendah.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here