Channel E – Ketika patah hati atau sedang down, rasanya suasana hati tidak mendukung untuk mendengar lagu-lagu ceria. Kadang kita malah memilih untuk tenggelam dalam kesedihan dengan mendengarkan lagu galau atau mellow. Namun, apakah lagu galau benar-benar pilihan yang tepat untuk didengarkan saat kondisi mental sedang terpuruk?

Inilah 3 alasan, mengapa mendengarkan musik galau bisa bermanfaat untuk emosional dan membuat kita merasa lebih baik:

1. Mencerminkan Perasaan Sendiri

gambar istimewa

Orang-orang suka mendengarkan musik yang mencerminkan nada situasi yang mereka hadapi. Dalam hal ini kalian berpikir, jika ini membantu merasakan agar tidak sendirian ketika mengalami sakit dan duka di dunia ini.

Ketika mendengarkan lagu sedih, pendengarnya akan mengungkapkan ekspresinya dengan melepaskan kesedihan yang ia rasakan. Tidak dengan sebuah tindakan negatif, tapi bisa dengan merenung. Hal ini merupakan salah satu refleksi terhadap diri sendiri, lagu galau bisa membantu pendengarnya menggunakan penilaian positif untuk memecahkan masalah dan meningkatkan pendewasaan pribadi.

2. Memberi Ketenangan

gambar istimewa

Lagu melankolis yang indah dapat menjadi alat yang baik untuk mengungkapkan ekspresi sedih anda. Sebuah teori mengungkapkan ketika emosi negatif anda muncul, seperti sedih, ada sebuah mekanisme dalam otak yang terpicu untuk menghambat reaksi dari perasaan tidak senang. Menurut sebuah penelitian, orang yang depresi lebih suka lagu-lagu sedih karena mereka biasanya rendah dalam hal tingkat energi dan itulah sebabnya mereka menghasilkan efek relaksasi. Jadi, alih-alih meningkatkan atau mempertahankan perasaan sedih, jenis musik ini justru membantu kalian menarik napas dalam-dalam dan tenang

3. Memicu Keseimbangan Hormon

gambar istimewa

Para ilmuwan percaya bahwa musik sedih dapat meningkatkan kadar prolaktin, hormon yang membantu kalian melawan kesedihan. Ini terjadi karena, ketika mendengarkan lagu-lagu ini, tubuh kalian mulai mempersiapkan diri untuk acara yang buruk, tetapi kemudian lagu berakhir dan sesuatu ini tidak terjadi. Setelah pengalaman ini, tubuh kalian dibiarkan dengan perasaan lega yang menyenangkan.

Mendengarkan musik juga merilis dopamin, pembawa pesan kimia penting yang membantu mengatur banyak fungsi dalam tubuh kalian, termasuk rasa senang dan motivasi kalian. Ini menempatkan musik dalam barisan yang sama dengan makanan dan seks, yang merupakan cara yang baik untuk menghadapi suasana hati yang buruk.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here