Channel E – Saat bangun tidur biasanya tubuh terasa lemas dan sulit konsentrasi. Kondisi tersebut mungkin saja disebabkan dehidrasi akibat tubuh tidak mendapat cukup cairan saat tidur sekitar 8 jam.

Dalam kondisi tersebut, segera minum usai bangun tidur bisa mengembalikan hidrasi tubuh. Nah, minuman apa yang sebaiknya dipilih? Teh dan kopi yang menjadi favorit atau air putih?

“Jangan pernah minum kafein saat bangun tidur baik dalam teh atau kopi. Kafein tidak seharusnya dikonsumsi pertama saat perut kosong. Perut harus diisi makanan padat dulu sebelum kafein untuk menekan risiko gangguan sisten pencernaan,” kata ahli nutrisi

Air putih, teh, dan kopi sebetulnya sama-sama bisa memperbaiki kecukupan cairan tubuh. Namun air putih jadi rekomendasi utama segera diminum pagi hari saat bangun tidur. Berikut pertimbangan lengkapnya dikutip dari livestrong.

1. Air putih

gambar istimewa

Sesuai rekomnedasi Harvard T.H. Chan School of Public Health, separuh dari kebutuhan cairan tubuh harus dipenuhi dengan air putih. Kebutuhan air putih total tiap hari sekitar 8 gelas yang setara dua liter. Minum air putih saat bangun tidur membantu mencukupi kebutuhan cairan, menjamin fungsi tubuh berjalan baik, dan mencegah penyakit misal batu ginjal.

2. Kopi

gambar istimewa

Riset pada Maret 2019 yang dipublikasikan dalam American Journal of Clinical Nutrition menyatakan, tidak ada kaitan antara penyakit jantung dan mereka yang minum 1-2 cangkir kopi per hari. Kopi, yang telah menjadi minuman wajib bagi setiap orang, jangan sampai menggantikan porsi konsumsi air putih per hari.

3. Teh

gambar istimewa

Selain kopi, teh juga menjadi minuman pilihan pagi hari saat bangun tidur. Teh mengandung senyata flavanoid, yang merupakan salah satu jenis antioksidan. Senyawa ini mencegah penyakit jantung, penuaan, dan diabetes. Namun sama seperti kopi, posisi teh jangan sampai menggantikan air putih untuk mencukupi kebutuhan cairan setiap hari.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here