Chanel E – Perempuan pasti selalu ingat kapan dan momen apa saat pertama kali mendapatkan periode menstruasi. Penelitian mengatakan panjang usia perempuan ternyata ada kaitannya dengan periode menstruasi pertama.

Hal itu dapat menjadi indikator banyak hal tentang hidup, gizi dan kesehatan masa depan. Sebab Menstruasi sangat berkaitan erat dengan kesehatan tubuh wanita. Walaupun Anda tentunya tidak pernah dan tidak akan mengalami menstruasi, ada banyak keuntungan yang bisa Anda dapatkan dari mengetahui tentang siklus wanita ini.

Berikut fakta unik seputar menstruasi yang jarang diketahui oleh kaum wanita :

 

 

3. Wanita bisa tetap bisa hamil saat menstruasi

gambar: Istimewa

Pernah mendengar bahwa berhubungan seks saat wanita menstruasi tidak akan menyebabkan kehamilan? Itu hanyalah mitos. Menurut Nathaniel DeNicola, M.D., seorang obstetrician dan gynecologist dari Penn Medicine, tidak semua wanita memiliki siklus yang teratur.

Seorang wanita dengan siklus yang pendek, misalnya, bisa langsung berovulasi langsung setelah dia selesai menstruasi. Jadi ketika Anda berdua berhubungan seks pada hari terakhir menstruasinya, kemungkinannya sperma Anda akan berada cukup lama sampai telurnya dilepaskan. Yang tentunya, dapat menyebabkan kehamilan.

Belum lagi, jika siklusnya tidak teratur, wanita bisa kesulitan membedakan hari pertama menstruasinya dengan spotting (bercak darah) yang biasa terjadi saat seorang wanita berovulasi. Dan, jika Anda berhubungan seks pada periode ini, artinya dia justru sedang subur-suburnya.

 

2. Pengaturan waktu menstruasi meningkatkan potensi kehamilan

gambar: Istimewa

Pelajaran biologi dasar: untuk bisa hamil, telur wanita harus bertemu dengan sperma pria. Hal ini hanya bisa terjadi pada saat ovulasi, yaitu ketika telur lepas bebas dari ovarium.

Kapan tepatnya seorang wanita berovulasi tergantung pada panjang siklusnya atau banyaknya hari di antara periode menstruasinya. Jika wanita pasangan Anda memiliki rata-rata 28 hari antara menstruasinya, dia biasanya akan berovulasi pada hari ke-14.

Namun, telur wanita bisa bertahan hidup sampai 48 jam sampai setelah ovulasi dan sperma bisa bertahan hidup selama 72 jam setelah ejakulasi. Demikian penjelasan Linda Bradley, M.D., direktur dari Fibroid and Menstrual Disorders Center di Cleveland Clinic.

Jadi, jika seorang wanita berovulasi pada hari ke-14, dia masih bisa hamil setelah berhubungan   seks pada hari ke-11 sampai hari ke-16.

 

1. Wanita masih bisa “menstruasi” saat hamil

gambar: Istimewa

“Bukannya tidak mungkin untuk mengalami menstruasi, pada saat dia meluruhkan dinding rahimnya, sekaligus mengalami kehamilan pada waktu yang sama,” ujar Dr. DeNicola. “Tapi, sangatlah mungkin untuk melihat bercak darah (spotting), yang mungkin terlihat seperti darah menstruasi saat kehamilan.”

Menurut suatu penelitian pada tahun 2012 di Tiongkok, 24 persen wanita dilaporkan mengalami pendarahan pada trimester pertama mereka. Ini bisa disebabkan oleh penanaman telur yang sudah dibuahi pada rahim, atau perubahan hormon sehubungan kehamilan.

Namun, hal tadi juga bisa menandakan sesuatu yang lebih serius, seperti masalah pada plasenta, atau tanda keguguran, ucap Dr. DeNicola.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here