Channel E – Setelah sepak bola, panitia piala presiden turut gelar turnamen basket tahun ini. Ketua Steering Committee Piala Presiden Basket, Maruarar Sirait, menyatakan bahwa pihaknya ingin membangkitkan industri basket melalui ajang tersebut.

Piala Presiden Bola Basket akan diselenggarakan di kota Solo, Jawa Tengah, pada 20-24 November 2019. Turnamen yang akan bergulir tanpa uang negara ini akan melibatkan 9 tim Indonesian Basketball League (IBL).

Gambar Istimewa

Ketua Steering Committee Piala Presiden Basket, Maruarar Sirait, juga menyatakan “Setelah Piala Presiden sepak bola sebanyak 4 kali tanpa uang negara, Piala Presiden Basket pun demikian,” ujar Maruarar.

Ara, sapaan Maruarar, pun menegaskan jika digelarnya Piala Presiden Basket betul-betul disiapkan secara matang. Salah satunya lebih dulu berkomunikasi dengan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir.

“Sama-sama kita ketahui jika mas Erick sosok yang paham sekali soal olahraga bola basket dalam ataupun luar negeri. Sangat penting berkomunikasi dengan beliau sebelum Piala Presiden Basket di gelar,” papar Ara.

“Panitia akan membuat acara semenarik mungkin agar masyarakat  tertarik untuk menononton. Orang-orang yang dipilih menjadi panitia pun berkualitas, kredibel, dan bisa memberi nilai tambah bagi basket,” tutur dia.

Gambar Istimewa

Menurut Ara, Piala Presiden Bola Basket tercetus setelah adanya permintaan dari pelaku cabang olahraga tersebut. Ia pun tak menutup kemungkinan ada Piala Presiden dari cabang-cabang olahraga lainnya.

“Awalnya ada teman-teman basket yang datang ke saya. Saya terbuka saja. Kalau ada olahraga lain yang membutuhkan sinergi, kami siap,” ujar Ara.

 

Piala Presiden Bola Basket akan memperebutkan total hadiah sebesar Rp 375 juta. Untuk tim juara akan meraih hadiah uang sebesar Rp 150 juara, lalu runner-up sebesar Rp 100 juta, lalu peringkat ke-3 sebanyak Rp 75 juta, dan peringkat ke-4 mendapatkan Rp 50 juta.

Keuntungan lain yang bisa didapat tim peserta dengan adanya Piala Presiden yakni menjadi ajang pencarian pemain rookie berkualitas. Selain itu, Piala Presiden Bola Basket juga bisa dijadikan pemanasan untuk menghadapi Indonesian Basketball League (IBL) musim 2020.

“Turnamen ini sudah dilaporkan ke Menpora. Kami juga akan kirim undangan ke Presiden Joko Widodo untuk membuka turnamen,” tutur Ketua Organizing Committee (OC) Cahyadi Wanda.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here