Channel ETerganggunya seseorang dengan suara lantang orang berdiskusi atau berdebat adalah hal yang biasa dirasakan saat mengikuti diskusi dengan teman bahkan rapat di kantor.

Namun pernahkah Anda mendengar seorang teman yang merasa terganggu karena mendengar suara orang yang sedang menguap, mendengkur saat tidur, suara hentakan kaki bahkan mengunyah makanan yang sampai membuatnya gila?

Jika pernah, mungkin teman Anda sedang menderita misophoniaMisophonia sendiri merupakan suatu gangguan berupa kebencian terhadap suara tertentu. Berikut adalah beberapa hal tentang misophonia yang wajib Kalian ketahui!

1. Penderita Akan Membenci Suara Yang Spesifik

gambar istimewa

Seorang penderita misophonia akan membenci beberapa suara seperti, suara seseorang saat makan atau mengunyah, suara mendecakkan lidah, suara seseorang memainkan pulpen, suara detak jam, suara berfrekuensi rendah, suara langkah kaki, suara bersiul, suara yang berasal dari kantung plastik yang diremas, suara anjing menggonggong dan lainnya, yang membuat suara nya menggangu penderita ini.

2. Belum Diketahui Secara Pasti Penyebabnya

gambar istimewa

Sampai saat ini pun dokter belum bisa memastikan apa penyebab dari misophonia. Meski begitu, misophonia bukanlah masalah pada telinga. Biasanya kondisi ini dimulai antara usia 9–13 tahun dan kebanyakan diderita oleh wanita.

Dokter berpikir jika misophonia adalah kelainan pada sebagian mental dan sebagian fisik. Hal itu karena terkait suara yang dapat mempengaruhi otak untuk memberikan respon otomatis pada sumber suara.

3. Terdiri Dari Beberapa Level Gelisah

gambar istimewa

Pada tingkat terendah, penderita misophonia hanya merasakan kegelisahan, tidak nyaman, jijik , dan terdesak untuk segera melarikan diri. Namun pada tingkat yang lebih parah, respon yang dilakukan oleh penderita ini dapat berupa, antara lain: kemarahan, kebencian, panik, stres, ketakutan, emosi, keinginan untuk membunuh, menghentikan apapun yang menimbulkan suara sampai berpikiran untuk bunuh diri.


Baca Juga:

    4. Mempengaruhi Kehidupan Sosial Penderitanya

    gambar istimewa

    Penyakit ini bisa berdampak pada kehidupan sosial kamu. Aksi untuk menghindari apapun yang menimbulkan suara yang tidak kamu sukai, akan menjauhkanmu dari pasangan, keluarga atau teman terdekatmu. Atau lebih buruknya, bahkan kamu mungkin bisa menyerang seseorang yang membuat suara, baik secara fisik maupun verbal.

    5. Pengobatan yang Terbatas

    gambar istimewa

    Saat ini belum ada pengobatan khusus yang bisa benar-benar menyembuhkan misophonia, Sejauh ini klinik misophonia hanya ada di Amerika dan sekitarnya, tetapi beberapa jenis terapi dapat membantu mengurangi gejala dari misophonia. Beberapa klinik menawarkan terapi suara dikombinasikan dengan konseling oleh psikolog.

    Sebagian orang yang menderita misophonia memilih menggunakan penyumbat telinga atau mendengarkan musik menggunakan earphone, jika mereka harus berada di keramaian yang mungkin menimbulkan suara yang tidak mereka sukai agar tidak melukai orang membuat asal suara yang menggangu nya.

    Nah jadi apakah kalian sering merasa terganggu dengan segala sumber suara yang ada disekitar mu? bisa saja kamu menderita misophonia.

    1 COMMENT

    LEAVE A REPLY

    Please enter your comment!
    Please enter your name here