Channel E – Terdapat banyak suku yang ada di dunia, beberapa dari suku itu ternyata memiliki tradisi yang unik dan aneh bagi orang kebanyakan. Tradisi-tradisi tersebut yang masih dipertahankan hingga saat ini, meskipun sebagian besar sudah sangat langka untuk dilakukan.

Bagi suku yang mempertahankan tradisi unik dan aneh tersebut hingga saat ini, mereka beranggapan bahwa tradisi itu sangat penting untuk beberapa tujuan, misalnya ritual, kecantikan, atau apapun, kita simak beberapa Suku terunik yang ada di dunia yaitu ;

 

1. Suku Mursi dengan Lip Plate

gambar istimewa

Salah satu suku unik di dunia ini memiliki sebuah piring di bibirnya. Piring dengan diameter antara 10 sentimeter hingga 25 sentimeter itu menggantung di bawah bibir wanita Suku Mursi.

Tradisi ini disebut ‘labret’ atau ‘lip plate‘, yang dilakukan pada gadis berusia 15 hingga 16 tahun sejak ratusan tahun lalu. Labret ini menggunakan piring yang terbuat dari tanah liat atau plat kayu. Konon, semakin lebar bibirnya maka semakin cantik dan tinggi status sosialnya.

2. Suku Apatani dengan Penyumbat Hidung 

gambar istimewa

Para wanita dari suku Apatani di India ini yang sebelumnya terkenal dengan hiasan hidung mereka yang tak biasa untuk kecantikan. Dikarenakan wanita suku Apatani terkenal dengan kecantikannya mereka menghindar dengan membuat diri agar tidak menarik bagi lelaki suku-suku lainnya, maka wanita Apatani mulai mengenakan hidung yang disumbat terlihat mengerikan ini, dan mentato wajah mereka dengan garis horizontal, dari dahi hingga ke ujung hidung, serta lima garis di dagu mereka.

3. Suku Kayan dengan Leher Panjang

gambar istimewa

Wanita Suku Kayan di Thailand akan terlihat cantik dengan leher panjang. Mereka memanjangkan leher mereka dengan memakai kumparan atau gelang kuningan sejak berusia lima tahun. Setiap kumparan atau gelang kuningan ini akan diganti dengan yang lebih panjang secara berkala.

4. Suku Dayak dengan Telinga Panjang

gambar istimewa

 

Suku Dayak di Kalimantan akan menyebut wanita cantik jika memiliki telinga panjang. Telinga panjang yang menjuntai hingga ke leher. Tradisi menindik telinga bagi para wanita suku ini dilakukan dengan cara menggunakan anting logam atau emas yang jumlahnya terus menerus di tambah hingga membuat telinganya memanjang.

Penambahan anting ini dilakukan tiap satu tahun sekali, untuk mengetahui berapa usia wanita suku dayak, cukup dengan menghitung berapa banyak anting yang menghiasi telinganya.

5. Suku Dinka dengan Memahat Wajah

gambar istimewa

Suku Dinka di Sudan memiliki tradisi unik yang terlihat menyakitkan bagi kebanyakan orang. Tradisi itu dinamakan memahat wajah. Pada usia tertentu anak-anak suku Dinka diserahkan kepada dukun adat untuk dilakukan tradisi memahat wajah. Dukun tersebut akan menyayat wajah anak tadi dengan sebilah pisau di bagian dahi anak-anak. 

Nah itulah 5 suku dari berbagai negara yang memiliki tradisi atau kebudayaan super unik di dunia. Bahkan, suku-suku tersebut ada yang masih menjalankan tradisi khas mereka hingga sekarang.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here