Channel E – Musisi Ahmad Dhani bisa bebas dalam waktu dekat setelah vonis untuk kasus “vlog Idiot”. Kasus vlog idiot yang diawali ketika Dhani membuat membuat video dengan ada kata-kata ‘idiot’ di dalamnya.

Ahmad Dhani dinyatakan melanggar Pasal 45 ayat (3) jo pasal 27 ayat (3) UU RI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UU Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronika. “Vlog idiot” sendiri dilakukan Ahmad Dhani November 2018 lalu di lobi hotel Majapahit Surabaya. Selain itu, Dhani juga terjerat kasus hukum lainnya, yakni Ahmad Dhani saat ini mendekam di LP Cipinang sejak 28 Januari 2019.

gambar istimewa

Pengadilan Negeri Surabaya awalnya menjatuhkan vonis 1 tahun penjara terhadapnya. Namun, karena pengajuan bandingnya diterima oleh Pengadilan Tinggi Jawa Tiimur, hukuman Ahmad Dhani yang semula 1 tahun penjara mendapat pengurangan masa hukuman menjadi 3 bulan penjara.

Aldwin mengaku, saat ini masih menunggu petikan putusan resmi dari Pengadilan Tinggi Jawa Timur. Menurut Aldwin Rahadian, salah satu kuasa hukum Dhani, dengan pemotongan masa hukuman itu, kliennya sangat mungkin segera bebas. Hal itu disampaikan pengacara Ahmad Dhani saat dihubungi pada Kamis (7/11/2019).

“Kalau kemudian yang di Surabaya tidak ada proses hukum yang lain, tentu cuti bersyaratnya bisa terpenuhi dan tentu lebih cepat keluarnya,” ucap Aldwin.Jika sudah menerima salinan putusan terbaru hasil banding tersebut segera segera bisa mengurus kebebasan kliennya.

Aldwin berharap putusan hasil banding segera inkrah dan jaksa tak mengajukan kasasi. “Kalau kami terima petikan (putusan) terus kemudian inkrah dalam dua atau tiga hari ke depan itu ya putusan inkrah itu bisa kami urus cuti bersyarat dan proses keluar bisa lebih cepat,” ucapnya.

Diprediksi sebelumnya Dhani akan bebas pada 28 Desember 2019. Sembari menunggu kepastian, lanjut Aldwin, Pihaknya baru akan mengeluarkan sikap resmi menanggapi proses hukum yang ada usai ada ketetapan hukum yang sah.

Kendati demikian, pihaknya tidak ingin terburu-buru dalam menyampaikan sesuatu kepada publik maupun kepada keluarga Ahmad Dhani. Ia lebih memilih untuk menunggu petikan resminya terlebih dahulu.

“Saya sudah sampaikan ini ke Mbak Mulan tapi saya butuh petikan resminya dulu, jadi enggak mau berspekulasi dulu. Jadi besok saya mau ke Cipinang, karena Mas Dhani di Surabaya tidak ditahan,” ucap Aldwin.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here