Channel E – Banyak mitos yang beredar jika gunting atau peniti yang dibawa oleh ibu hamil, dan gunting yang diletakkan di bawah alas tidur bayi, dipercaya dapat menjaga seorang ibu dan janinnya atau bayi yang baru lahir dari gangguan mahluk halus.

Menurut mereka yang mempercayai hal tersebut, karena dipercaya setan atau mahluk halus takut kepada gunting, peniti, atau benda-benda tajam lainnya. Mitos mengenai ibu hamil yang harus membawa gunting, peniti, atau pisau memang berasal dari Indonesia, tepatnya dari pulau Jawa.

Konon katanya dengan membawa benda tajam saat hamil, hal tersebut akan membuat ibu hamil terhindar dari gangguan hantu, seperti kuntilanak. Tetapi apakah memang benar hantu takut dengan gunting ataupun peniti?

Gambar Istimewa

Biasanya orang tua jaman dahulu sering menyarankan ibu hamil agar selalu membawa gunting kecil atau peniti, bahkan hingga pisau kecil yang disimpan dalam pakaian agar bayi dalam perut ibu hamil tersebut terhindar dari bahaya. Karena hal tersebut berfungsi agar bayi tidak diculik oleh kuntilanak.

Realita sebagian masyarakat, biasanya ibu muda yang baru hamil atau yang sedang menyusui anak dianjurkan oleh orang-orang tua untuk membawa gunting ketika keluar rumah atau ketika buang hajat.

Kepercayaan seperti itu telah menjadi sebuah tradisi turun temurun di sebagian masyarakat kita. Baik di pedesaan maupun di perkotaan. Bahkan di beberapa tempat, hal itu masih lazim terjadi sampai saat ini.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here