Channel E – Jumlah kasus kanker payudara akan melonjak ke angka yang mengkhawatirkan di  tahun 2020 mendatang. Hal ini telah diprediksi oleh Organisasi Kesehatan Dunia (WHO).

Satu dari setiap delapan wanita akan menanggung risiko terkena penyakit ini di masa hidupnya. Oleh karena itu,  diperlukan pendeteksian sedini mungkin dan pemeriksaan medis rutin, serta kontrol makanan sehat untuk mempersiapkan tubuh melawan sel kanker.

Dilansir oleh  indiatimes.com, Tina Sapra, ahli gizi senior & koordinator klinis dengan Fortis Memorial Research Institute dan Dr Vandana Mathur, ahli gizi konsultasi, Metropolis Healthcare, Mumbai, menyatakan jika terdapat makanan-makanan yang ampuh mencegah risiko kanker payudara pada wanita.

Berikut ini beberapa di antaranya:

1. Salmon

gambar istimewa

Vitamin D dan antioksidan dalam salmon telah terbukti memiliki peran penting dalam menurunkan risiko kanker, seperti jenis kanker payudara, prostat, dan kanker kolorektal. Omega-3 yang sesuai kebutuhan tubuh juga mampu melawan sel darah atau kelenjar getah sel akibat kanker, seperti leukemia, multiple myeloma, dan non-Hodgkins limfoma.

2. Teh hijau

gambar istimewa

Beberapa penelitian di laboratorium menunjukkan bahwa teh hijau dapat membantu mencegah pertumbuhan kanker tertentu. Ini termasuk kanker kulit, paru-paru, payudara, kandung kemih, hati, prostat, usus besar dan kerongkongan.

Mengonsumsi teh hijau secara teratur ternyata dapat memberikan efek yang sangat baik bagi kesehatan. Pasalnya, bahan kimia phyto dalam teh hijau dapat mencegah tumbuhnya sel kanker. Cobalah konsumsi satu hingga dua cangkir teh hijau setiap harinya.

3. Delima

gambar istimewa

Delima sangat dianjurkan untuk mencegah kanker payudara. Hal ini karena delima mengandung polifenol, asam ellagic dengan sifat anti-oksidan yang mencegah pertumbuhan kanker. Konsumsi buah lezat yang satu ini dan rasakan manfaat kesehatannya yang efektif.

4. Kacang brazil

gambar istimewa

Kacang Brazil mengandung banyak selenium. Nama yang terakhir merupakan mineral yang terlibat dalam memproduksi hormon tiroid. “Itu membantu tubuh melawan kanker,” ujar pakar nutrisi, Kelly R Jones.

Kacang brazil juga dapat membantu melawan peradangan, meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan mencegah pertumbuhan tumor. Hal ini dikarenakan kacang brazil sangat kaya akan selenium, serat, dan phytochemical.

Beberapa makanan di atas bisa menjadi pilihan yang baik untuk mencegah kanker payudara. Namun, jika kamu ingin merasakan manfaatnya cobalah konsumsi berbagai makanan tersebut secara rutin.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here