Channel E – Saat ini Indonesia sudah memasuki musim dingin, banyak orang yang menghabiskan waktu sendirian bahkan bersama keluarga untuk berlibur ke luar negri, salah satu tujuannya adalah Negeri Sakura. Negeri sakura atau istilah untuk negara Jepang ini memang terkenal dengan festival yang diadakan hampir setiap waktu, bahkan di setiap musimnya.

Menyambut musim dingin, biasanya festival salju diadakan di setiap daerah dengan cara yang berbeda. Keunikan festival yang diadakannya menjadi daya tarik untuk wisatawan yang akan datang ke Jepang. Berikut ini bisa menjadi 5 destinasi festival musim dingin yang bisa kamu nikmati di Negeri Sakura lho.

1. Festival Lentera Nagasaki (1-15 Januari kalender bulan)

gambar istimewa

Festival ini diadakan untuk menyambut Tahun Baru China, penduduk China merayakan festival ini selama 15 hari dengan ribuan lentera China yang menghiasi Chinatown Shinchi, Hama-ichi, dan Arkad Kankodori di Nagasaki. Pertunjukan tarian naga, singa, akrobatik China, serta pertunjukan Erhu diadakan dalam Parade Kaisar yang menjadi highlight festival ini.

2. Niino no Yuki Matsuri (14 dan 15 Januari)

gambar istimewa

Festival salju ini sangat kental dengan tradisi rakyat di desa Niino, distrik Shimoina, Nagano. Banyak pertunjukan yang ditampilkan seperti drama dan tarian-tarian topeng yang menggambarkan dewa-dewa lokal, serta prosesi yang diikuti oleh penduduk lokal disebut onobori. Mereka menampilkan 16 jenis pertunjukan seni penduduk lokal sepanjang malam festival, festival berlangsung dari Kuil Suwa sampai Kuil Izu saat senja tanggal 14 Januari.

3. Festival Salju Sapporo (1-12 Februari)

gambar istimewa

Bagi wisatawan yang datang ke Hokkaido di musim dingin, salah satu hal yang ingin dilakukan adalah melihat Festival Salju Sapporo. Festival berlangsung setiap bulan Februari di Sapporo, Hokkaido. Berbagai patung-patung salju yang terbuat dari pahatan es diperlihatkan di Taman odori, Tsudome, dan Susukino, diiringi pertunjukan musik. Wisatawan juga bisa mencoba arena seluncuran, dan area labirin es. Tidak lupa sajian makanan-makanan lokal dari seluruh kota Hokkaido bisa dinikmati selama festival berlangsung.

4. Okumikawa Hana Matsuri (November- awal Maret)

gambar istimewa

Okumikawa Hana Matsuri merupakan festival yang dari Aichi, Jepang. Festival tradisional ini telah berlangsung lebih dari 700 tahun yang lalu, sebagai penanda titik balik matahari di musim dingin, tarian dengan topeng Shimotsuki Kagura mengiringi festival yang berlangsung di kota-kota dan desa-desa sekitar pegunungan Okumikawa, ada juga ritual merebus air dengan penampilan rakasa-raksasa oni (iblis) juga makhluk-makhluk mitos singa shishi yang dilakukan sepanjang malam.

5. Hachinohe Emburi (17-20 Februari)

gambar istimewa

Festival rakyat tradisional ini berlangsung di pusat Kota Hachinohe, yang berupa tarian bertani padi Emburi. Sekumpulan penari tampil di sekitar seorang penari tayu yang menggunakan topi berbentuk kuda, dengan gerakan yang disebut-sebut menggambarkan kegiatan menanam benih dan padi.

Dan masih banyak lainnya festival musim dingin yang berlangsung di Negeri Sakura ini, dan setiap daerahnya mempunyai keunikannya masing masing. Nah itulah beberapa destinasi diatas bisa kalian ikuti saat berlibur ke Jepang pada saat musim dingin dan nikmati waktu liburan kalian ya.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here