Channel E –  Banyak orang melarang anak kecil atau orang lain saat meminjam kacamata karena hal tersebut dapat menularkan mata minus yang dialami. Tetapi  benarkah anggapan penularan mata minus melalui kacamata ini dapat terjadi?

Pada kenyataannya, meminjam kacamata orang lain baik yang memiliki silinder atau minus tebal, sama sekali tidak berpengaruh. Namun jika meminjam kacamata ini dilakukan dalam jangka waktu yang sangat lama misalnya satu bulan maka hal ini baru dapat terjadi.

Ketika mata kalian normal lalu menggunakan kacamata minus, maka hal yang terjadi adalah otot mata akan menyesuaikan diri dengan penglihatan agar tetap tajam. Nah, jika sudah begini, otot akan terbiasa dengan keadaan seperti itu dan akan terus menarik saat menggunakan kacamata.

Masalah yang akan timbul pada saat kalian tidak menggunakan kacamata. Otot yang sudah terbiasa dengan keadaan tadi akan berusaha mengembalikan fokus. Hal inilah yang dapat membuat kalian menjadi penderita mata minus.

Gambar Istimewa

Kesimpulannya, mata minus tidak akan menular ketika kalian baru sekali menggunakan atau meminjam kacamata orang lain. Yang terjadi adalah mata berusaha menyesuaikan fokus sehingga terasa pusing dan mata makin berat.

Mitos mengenai meminjam kacamata dapat menularkan minus ini dapat dipastikan sepenuhnya salah. Namun untuk tetap menjaga kesehatan mata, sebaiknya kalian jangan meminjam kacamata milik orang lain.

Walaupun tidak menular, mata minus bisa diturunkan dari orang tua kalian. Jika orang tua baik ayah maupun ibu kalian memiliki mata minus, maka kemungkinan hal tersebut menurun ke anak.

 

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here