Channel EMandarin Duck dinobatkan sebagai bebek tercantik dan terindah di dunia, bukan tanpa alasan julukan ini disematkan. Pasalnya, pejantan pada mandarin duck memiliki warna sayap cokelat, paruh merah ke kuningan, kepala mohawk dengan putih pada bagian sisi samping kepala, selain itu bulu dada berwarna keunguan.


Bebek ini berasal dari Asia timur seperti China, Jepang, Taiwan, dan Korea dan juga dapat ditemui di selatan Inggris. Namun bebek ini juga termasuk kerabat dari Wood Duck atau Bebek Kayu yang berasal dari Amerika Utara. Penasaran dengan mandarin duck ini? Berikut 5 fakta unik Mandarin Duck!

1. Menjadi Simbol Cinta

gambar: Istimewa

Mandarin Duck adalah simbol cinta dan kesetiaan di China, Jepang dan Korea. Tiga negara tersebut menggunakan bebek mandarin sebagai simbol pasangan yang setia, didorong oleh keyakinan yang salah bahwa Mandarin Duck kawin sekali seumur hidup.

 

2. Berasal dari Asia Timur

gambar: Istimewa

Mandarin Duck ini berasal dari China, Jepang, Korea, Rusia bagian timur, dan selatan Inggris menurut Persatuan Internasional untuk Pelestarian Alam (IUCN). Perusakan habitat telah mengurangi populasi bebek cantik ini. Mandarin Duck kini memiliki jumlah kurang dari 1.000 pasang hasil perkawinan silang di China dan Rusia.

 

3. Mandarin Duck Jantan Adalah Ayah yang Buruk

gambar: Istimewa

Walaupun menjadi simbol cinta di China, Jepang, Korea karena hanya kawin sekali seumur hidup, tapi Mandarin Duck jantan adalah ayah yang buruk. Mandarin Duck jantan akan pergi setelah anaknya menetas, meninggalkan bebek betina yang harus merawat sembilan hingga 12 anak sendiri.

 

4. Hidup di Zaman Yunani Kuno

gambar: Istimewa

Nama ilmiah Mandarin Duck ialah Aix galericulata, dengan Aix berasal dari kata Yunani kuno yang digunakan Aristoteles untuk merujuk kepada burung penyelam yang tidak dia kenali, sementara galericulata adalah bahasa Latin untuk wig.

 

2 COMMENTS

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here