Channel E – Ketika cuaca panas yang sedang terik-teriknya, banyak orang sering kali akan mengeluarkan keringat. Apalagi bila Anda sedang berdesak-desakan di dalam bus atau kereta api. Keringat dari orang lain bisa saja menempel atau menetes ke arah tubuh Anda. Tapi Anda harus tetap berhati-hati, karena hal sepele dari keringat bisa menyebarkan virus penyakit yang berbahaya.


1. Virus Hepatitis B

gambar istimewa

Meski masih diperdebatkan, penelitian mengungkapkan, virus hepatitis B dapat ditularkan melalui keringat.

Studi pada pegulat Olympic menunjukkan, 11 partisipan memiliki komponen virus hepatitis B dalam keringat, mirip dengan komponen yang ditemukan dalam darah.

Penelitian ini dipublikasikan di British Journal of Sports Medicine.

2. Infeksi Virus (flu)

gambar istimewa

Meskipun keringat itu sendiri tidak mengandung virus influenza. Virus bisa masuk ke kulit melalui hidung, bersin atau bernapas.

Jika keringat menjadi pembawa virus, penyakit itu dapat dengan mudah menginfeksi siapa saja. Anda bisa terkena flu.

3. Impetigo

gambar istimewa

Impetigo merupakan infeksi kulit yang sangat menular dan menyebar melalui kontak fisik, seperti kulit yang terinfeksi. Anda bisa terkena impetigo dari paparan keringat orang lain. Kondisi ini sangat umum terjadi pada anak-anak, yang menyebabkan plak, lecet atau ruam merah pada kulit.

Gejala impetigo tidak langsung muncul setelah penderita terinfeksi. Gejala biasanya baru terlihat setelah 4-10 hari sejak penderita pertama kali terpapar bakteri. Gejala yang muncul pun bervariasi tergantung jenis impetigo yang dialami.

Nah itulah beberapa virus penyakit jika terkena paparan keringat orang lain, meskipun hal sepele tapi jangan biarkan cucuran keringat orang bisa menempel ke arah kita kita, karena kita tak tahu mereka mempunyai virus penyakit atau sebagainya, yang terpenting kita harus waspada dan menjaga kesehatan tubuh kita agar tak terjaring penyakit yang berbahaya karena hal kecil itu.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here