Channel E – Pernahkah kalian ajak kucing peliharaan bermain? Biasanya, mereka akan menggoyangkan pantat atau bokong sebelum menyerang atau menerkam. Perilaku ini dilakukan dengan cepat dan singkat, yakni saat kucing berjongkok rendah sebelum meluncur menerkam mainan atau mangsa.

Belum ada penelitian mengenai perilaku aneh ini, tapi ada seorang ilmuwan yang mempelajari gerak-gerik hewan dan akhirnya punya beberapa dugaan mengapa kucing melakukan hal itu.

Ia adalah John Hutchinson, seorang profesor biomekanik evolusi berasal dari Royal Veterinary College di London. Lalu apa saja alasan yang diduga menjadi penyebabnya? Yuk langsung saja simak penjelasannya.

Menggoyangkan pantat atau bokong akan memberi kekuatan pada kaki belakang dan akhirnya mendorong kucing maju menerkam. Hal ini mungkin juga dilakukan untuk mempersiapkan penglihatan, propioception (kesadaran akan posisi dan gerakan), serta seluruh otot kucing yang diperlukan untuk menerkam.

Gambar Istimewa

Namun dugaan lain, menggoyangkan bokong mungkin berguna seperti pemanasan aerobik. Menurutnya, menggoyangkan pantat sama seperti meregangkan otot yang membantu dalam menerkam.

Dugaan berikutnya adalah mungkin saja kucing menggoyangkan bokong sebelum menerkam, karena mereka memang senang melakukannya sebelum berburu mangsa.

Namun uniknya, bukan hanya kucing rumahan yang melakukan perilaku aneh ini. Kucing liar dan raja hutan seperti singa, harimau, dan jaguar juga menggoyangkan pantat mereka sebelum menyerang.

Gambar Istimewa

Menurut sendiri Jogn Hutchinson, dibutuhkan penelitian dan eksperimen untuk memahami perilaku aneh ini. Tapi uniknya, bukan hanya kucing rumahan yang melakukan perilaku aneh ini. Kucing liar dan raja hutan seperti harimau, singa, dan jaguar juga memiliki juga kebiasaan menggoyangkan pantat mereka sebelum menyerang.

Padahal pada dasarnya, kucing rumahan dan singa atau harimau merupakan kerabat jauh. Jadi, perilaku aneh ini juga bisa disebut sebagai misteri, kenapa kucing juga memiliki perilaku sama seperti kerabat jauh mereka.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here