Channel E – Apa sih pentingnya menemukan bakat terpendam? Sebagai makhluk sosial, tentunya kita ingin sekali bisa mengetahui bakat yang kita miliki. Sebagian orang mungkin dengan mudah bisa menemukan apa bakatnya. Tapi ada juga beberapa orang yang bahkan sampai menginjak usia dewasa masih belum bisa menemukan apa sebetulnya bakat yang dimilikinya.

Mungkin kamu adalah salah satunya, maka sudah menjadi keputusan tepat bagi kamu untuk membaca artikel ini. Karena melalui artikel ini dapat membantu kamu menemukan apa sebetulnya bakat terpendammu.

Karena begitu pentingnya kamu harus sudah mulai mengetahui apa profesi yang cocok untukmu, hobi yang bisa kamu jalani, atau setidaknya apa yang bisa orang lain andalkan dari dirimu.

Ini dia tips menemukan bakat terpendam dalam diri kamu :

1. Bisa dimulai dengan melakukan sesuatu yang mudah

gambar istimewa

Kalau masih bingung kegiatan apa yang perlu kamu lakukan lebih dulu, mulailah dengan sesuatu yang mudah. Kamu bisa mulai dengan sesuatu yang enggak harus membuatmu mengeluarkan modal atau usaha besar.

Misalnya kamu bisa melakukan kegiatan seperti menggambar atau melukis, menulis, membaca puisi, atau bernyanyi. Kamu juga bisa menemukan bakatmu dari sesuatu yang formal.

Kamu juga bisa melihat dari mata pelajaran yang selama ini paling kamu sukai. Mata pelajaran apa yang tugasnya paling senang kamu kerjakan, bahkan yang nilainya paling tinggi di antara yang lain. Kemungkinan di situlah bakatmu sebenarnya.

2. Cari Banyak Pengalaman

gambar istimewa

Mencari pengalaman bisa menjadi hal yang membantu anda dalam menemukan bakat yang dimiliki. Terkadang kita tidak pernah tahu apakah hal yang kita lakukan merupakan salah satu dari bakat kita atau bukan. Kegiatan sangatlah luas, hal yang kita senangi mungkin sesuatu yang belum pernah kita coba lakukan atau pikirkan. Alasan inilah yang menyebabkan anda bisa mencari pengalaman sebanyak-banyaknya untuk tahu seperti apa sih pengalaman baru dan hal baru serta apakah mereka termasuk kedalam bakat anda yang ternyata terpendam.

3. Latih Kegiatan yang Membuat Kamu Senang

Bakat terpendammu hanya bisa kamu ketahui ketika sudah nyaman melakukan sesuatu. Karena ketika sudah nyaman, maka enggak ada lagi kata bosan ketika kamu harus berlama-lama untuk bisa menyelesaikannya. Bahkan, kamu ingin terus dan terus melakukannya setiap hari.

Bakat tidak akan pernah menjadi sebuah bakat jika hanya didiamkan saja. Maksudnya adalah ketika anda sadar akan bakat yang sudah anda miliki namun pada akhirnya anda hanya diam saja dan tidak mencoba memanfaatkannya atau melatihnya menjadi lebih baik lagi.

Rasanya agak tidak mungkin untuk bisa menemukan bakat dalam diri anda dan mengelolanya menjadi suatu hal yang membawa diri anda pada sebuah prestasi. Hal ini seringkali dilakukan masyarakat Indonesia. Cobalah latih hal apa yang menurut anda menjadi poin lebih dan juga hal yang dianggap disukai.

4. Ketahui Hal yang Kamu Benci

Tak hanya hal yang kamu sukai kamu juga harus tau hal apa yang kamu benci atau tidak disukai. Banyak orang yang membenci suatu hal karena mereka tidak bisa melakukanya dan faktanya ketika anda tidak bisa melakukan suatu hal, maka hal tersebut bukanlah bakat yang anda miliki. Jika dinamakan bakat maka hal tersebut bersifat unggul dan lebih dominan bisa dilakukan oleh anda, bukan hal yang tanggung ataupun setengah-setengah.

5. Dengarkan Kritik dari Orang Lain

Mendengarkan kritik bisa jadi hal yang utama. Dimana mendengarkan kritik bisa membantu anda dalam menemukan bakat yang dimiliki. Sebagai contoh anda senang melukis serta memasak, namun kritikan orang lain menyebutkan bahwa anda sangat pandai bernyanyi.

6. Ikuti tes minat dan bakat

gambar istimewa

Ini adalah cara terakhir yang bisa kamu pilih ketika enggak kunjung bisa menemukan apa sebetulnya bakatmu ketika sudah melakukan banyak hal. Atau ini bisa jadi pilihan instan buat kamu tanpa perlu membuang banyak tenaga dan waktu untuk melakukan beragam hal yang direkomendasikan di atas.

Dengan mengikuti tes bakat, kamu diharapkan bisa lebih jelas melihat di mana bakat kamu sebetulnya. Namun, perlu diingat bahwa hasil tes bakat ini enggak 100% cocok denganmu. Karena enggak sedikit mereka yang sudah melakukan tes bakat belum juga merasa cocok ketika melakukan kegiatan yang disarankan berdasarkan hasil tes tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here