Channel E –  Pada tahun 1929, Daily Mail mempublikasikan sebuah artikel mengenai sebuah rumah yang konon berhantu di wilayah Borley, Inggris. Tidak tanggung-tanggung, seorang paranormal dan juga pemburu hantu ternama

yakni, Harry Price juga mendukung klaim tentang adanya aktivitas paranormal di rumah yang dibangun sejak tahun 1862 tersebut. Inilah Borley Rectory, rumah yang disebut-sebut paling berhantu di negara Inggris.

Gambar Istimewa

Borley Rectory sendiri dibangun di Hall Road dekat Gereja Borley oleh seorang pendeta bernama Henry Dawson Ellis Bull pada tahun 1862. Rumah ini sebenarnya dibangun di atas bekas sebuah rumah yang hancur akibat kebakaran hebat yang terjadi tahun 1841.

Menurut kabar yang beredar, rumah pertama yang ada di tanah itu dibangun pada tahun 1362. Menurut sebuah legenda, ada seorang pendeta dan biarawati yang memiliki hubungan gelap kemudian tertangkap dan dieksekusi.

Sang pendeta dihukum mati sementara sang biarawati dikurung di tembok hidup-hidup. Namun cerita ini diduga hanyalah cerita yang dibuat-buat tanpa dasar sejarah sama sekali.

Setelah kematian Price pada tahun 1948, tiga anggota Society for Psychical Research (SPR) melakukan investigasi atas klaim Harry Price tentang rumah berhantu Borley. Hasilnya mereka menyimpulkan bahwa Price secara curang telah sengaja menciptakan fenomena-fenomena ganjil dan menipu publik.

Ditemukan pula fakta bahwa Marianne Foyster, istri Lionel Foyster yang dahulu tinggal di sana telah secara aktif memalsukan fenomena-fenomena tersebut.

Marianne juga mengakui bahwa ia sengaja mengundang temannya dan menciptakan lelucon horor untuk suaminya.

Anak-anak Harry Bull yang tinggal di sana sebelum Foyster mengaku tidak pernah melihat atau merasakan suatu keanehan di rumah tersebut selama mereka tinggal di sana.

Mereka mengaku aneh dan terkejut bagaimana bisa rumah itu disebut sebagai rumah paling berhantu di Inggris.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here