Channel E – Malaysia kerap menjadi salah satu pilihan masyarakat Indonesia untuk berlibur. Selain tak terlalu jauh dari Indonesia, Negeri Jiran itu juga menawarkan beberapa destinasi wisata yang cukup menarik. Sebut saja Legoland Malaysia, Batu Caves, hingga Museum Negara Malaysia.

Memiliki letak geografi yang sangat berdekatan, menjadikan Indonesia dan Malaysia memiliki banyak kemiripan, salah satunya dalam hal bahasa. Meski demikian, kosakata dari Indonesia dan Malaysia  ada juga kosakata yang terdengar sama namun memiliki arti yang jauh berbeda.

Nah, buat kamu yang mau liburan ke Malaysia, coba simak beberapa kata yang mirip namun berbeda arti, berikut penjelasannya agar kamu tidak salah memahami pembicaraan mereka.

1. Percuma

gambar istimewa

Kata yang akan sering kita lihat di iklan, baik di televisi maupun pusat perbelanjaan ini, di Malaysia memiliki arti yaitu gratis alias tidak perlu bayar.

2. Jimat

gambar istimewa

Jimat di Indonesia memmpunyai arti perbuatan terlarang. Namun siapa sangka ketika kamu mendengar kata jimat di Malaysia mereka bukan sedang membicarakan benda yang dipercaya bisa melindungi itu. Jimat di sini memiliki makna hemat khususnya dalam hal keuangan.

3. Pejabat

gambar istimewa

Pejabat sering disebut sebagai orang yang bekerja di lembaga negara yang merupakan alat kelengkapan negara beserta derivatifnya berupa lembaga negara pendukung di Indonesia. Beda halnya dengan di Malaysia  kata pejabat ini memiliki arti kantor. Misalnya Pejabat Imigresen yang artinya adalah Kantor Imigrasi.

4. Kereta

gambar istimewa

Seperti yang kita ketahui kereta di Indonesia memiliki arti bentuk transportasi rel yang terdiri dari serangkaian kendaraan yang ditarik sepanjang jalur kereta api untuk mengangkut kargo atau penumpang. Tapi ketika kamu pergi ke Malaysia saat bertanya dengan warga lokal mengenai transportasi, jangan lupa ya bahwa kata kereta di sana berarti mobil. Jadi, jangan sampai salah naik kendaraan.

5. Wayang

gambar istimewa

Kalau ada teman kamu dari Malaysia yang mengajak melihat wayang, mungkin yang ada di pikiran kamu adalah nonton wayang kulit. Lalu apakah dia sedang mengajakmu menyaksikan kisah Hanoman? Tentu bukan. Kata wayang ini bisa diartikan sebagai film sehingga artinya dia sedang mengajakmu nonton ke bioskop. Kata ini terlihat cukup unik dan pasti tidak terpikirkan di benak kita.

Nah, itulah beberapa kosakata yang perlu kamu pahami sebelum jalan-jalan ke Malaysia agar tidak salah paham. Semoga bermanfaat!

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here