Channel E – Sama seperti manusia, dalam sistem komputer terdapat virus yang kerap merusak perangkat-perangkatnya. Dalam dunia teknologi, virus adalah aplikasi kecil yang mencemari file/program bahkan sistem windows pada komputer, laptop, atau notebook. Kebanyakan Virus mampu mentransfer dari satu komputer ke komputer lain, biasanya melalui flash disk, internet atau software bawaan.

Virus diketahui seperti parasit dapat menyusup, menyebarkan dan merusak sistem komputer atau laptop. Komputer yang terkena atau terinfeksi virus kinerjanya mulai melambat sampai akhirnya seluruh sistem crash atau rusak, bahkan sampai tidak berfungsi.


Walaupun komputer telah dibekali sistem keamanan bawaan yang canggih, tetapi tetap saja jika sang pengguna lalai dalam mengoperasikannya, virus akan dengan mudah masuk ke dalam sistem komputer kamu dan mengakibatkan laptop kamu terjangkit virus. Namun sayang sekali banyak orang yang tak sadar jika laptopnya sedang terinfeksi virus dan dibiarkan begitu saja.

berikut 7 tanda laptop kalian sedang terinfeksi virus. Kalau sudah muncul tanda-tanda seperti itu, ada baiknya kalian cepat melakukan penanganan ya!

 

1. Waspadai Jika Ruang Penyimpanan Laptop Kalian Mendadak Penuh

gambar: Istimewa

Hal ini kadang luput dari perhatian pengguna laptop. Jika tiba2 saja ruang penyimpanan kalian penuh, kalian wajib curiga. Terlebih lagi jika didalam ruang penyimpanan tersebut kosong dan hanya berisi file-file tak jelas.

Ruang penyimpanan yang tiba-tiba penuh, menandakan virus telah menggandakan dirinya tanpa kalian sadari. Malware atau virus yang menginfeksi laptop akan diam-diam mengunduh file atau menginstal program di ruang penyimpanan kalian. Tak hanya sedikit, virus ini akan mengunduh banyak sekali program aneh yang tentu beresiko untuk laptop kalian.

 

2. Kinerja Laptop Mulai Melambat Juga Indikasi Sedang Terserang Virus

gambar: Istimewa

Jika komputer atau laptop akan memulai program dengan waktu yang cukup lama, bisa jadi menandakan komputer atau laptop kalian terdeteksi virus. Hal ini dapat kalian lihat apabila kalian sedang browsing di Internet, ataupun saat sedang transfer file dari komputer.

Untuk memastikan itu virus atau bukan, kalian bisa melakukan pengecekan pada memori RAM atau hard disk. Apabila kondisi RAM atau hard disk tidak mengalami mengalami pengurangan atau gangguan, bisa dipastikan perangkat kamu lambat karena virus.

 

3. Antivirus Yang Tiba-Tiba Tidak Berfungsi Juga Salah Satu Ciri-Cirinya

gambar: Istimewa

Kalian wajib curiga jika antivirus yang terpasang tiba-tiba saja tidak aktif. Pasalnya ketika virus akan menyerang komputer atau laptop, maka virus akan menonaktifkan sistem keamanan yang ada dalam laptop kalian. Ada beberapa jenis virus atau malware yang dapat menonaktifkan antivirus yang kalian pasang di komputer atau laptop.

Hal ini bisa mengakibatkan virus masuk dengan bebas ke perangkat kalian. Oleh karena itu, kalian harus segera bertindak saat antivirus tak bisa diperbarui atau tidak aktif. Mungkin saja ada virus atau malware yang menyusup ke perangkat komputer atau laptop kalian.

 

4. Jika File Kalian Hilang Atau Tiba-Tiba Terkunci, Bisa Jadi Gara-Gara Virus

gambar: Istimewa

Salah satu fungsi virus adalah mencuri data dan informasi yang ada di laptop kalian. Nah tren kejahatan siber yang bertujuan seperti itu kerap kali disebut serangan ransomware. Cara kerja ransomware adalah mengunci atau mencuri file dan data di perangkat kalian.

Setelah mencuri dan mengunci data kalian, para pencipta virus itu kemudian akan meminta tebusan jika data kalian ingin dibuka kembali. Ada beberapa cara yang bisa kalian lakukan untuk mengatisipiasi adalah mem-backup data penting secara berkala serta tidak perlu membayar tebusan yang diminta oleh hacker.

 

5. Banyak Muncul Iklan Mengganggu Yang Tentu Saja Ulah Virus

gambar: Istimewa

Ini adalah salah satu tanda yang paling menjengkelkan. Biasanya, ketika komputer terinfeksi virus dan malware akan sering muncul iklan pop-up aneh dan enggak jelas yang menampilkan perintah-perintah untuk menginstal program.

Nah iklan-iklan pop-up ini juga muncul dalam bentuk penawaran menjijikkan seperti konten porno dan iklan-iklan judi. Nah iklan ini biasanya mengarahkan kalian ke halaman untuk download sesuatu seperti aplikasi yang didalamnya ada virusnya lagi. Jika kalian download aplikasi itu, maka si pemilik virus tersebut akan mendapat uang dan laptop kalian akan menambah virus lagi.

 

6. Sulit Terhubung Ke Internet Bisa Jadi Bukan Gara-Gara Jaringan Tapi Virus

gambar: Istimewa

Apabila sebelumnya kalian tidak memiliki masalah dengan jaringan internet dan ketika mencobanya lagi jaringan internet menjadi lambat, maka hal ini perlu diwaspadai. Hal ini bisa saja adalah gejala perangkat terinfeksi virus. Virus memang dapat mengubah pengaturan jaringan untuk menambahkan proxy dan memblokir akses ke internet.

Hal ini dilakukan untuk menghindari upaya pemilik perangkat mengunduh antivirus. Cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya adalah dengan mengunduh perangkat anti-malware seperti Malwarebytes pada komputer lain lalu memindahkannya ke komputer yang terinfeksi melalui USB.

 

7. Kalian Patut Curiga Jika Banyak Situs Aneh Yang Sering Terbuka Sendiri

gambar: Istimewa

Salah satu ciri yang mudah dikenali saat laptop kalian terkena virus adalah ketika sedang melakukan browsing. Saat laptop terkena virus, pada salah satu website yang dibuka, biasanya kalian akan melihat situs aneh yang terbuka sendiri.

Jika ini terjadi, lakukan penyelamatan pertama dengan menghapus cache browser dan menghapus ekstensi yang terlihat asing. Selain itu, jangan ikuti apa yang diperintahkan oleh situs tersebut. Karena sekali kalian meng-klik tombol dalam situs itu, virus akan semakin bertambah di laptop kalian.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here