Channel E – Termasuk dalam kategori manakah Anda? Orang yang rajin mencuci muka dengan sabun di pagi hari? Atau orang yang hanya mengandalkan ritual mencuci muka dengan air seadanya saja, tanpa pembersih apapun?

Menjaga kebersihan memang salah satu hal yang penting untuk memiliki kulit wajah yang sehat dan bersinar! Tapi, ada begitu banyak tips dan trik tentang cara-cara menjaga kebersihan wajah dan seringkali kita dibuat bingung, kira-kira tips ini benar atau cuma mitos?

Tetapi faktanya, mencuci muka di pagi hari tidak menimbulkan efek positif apapun di wajah. Jika wajah kering dan berjerawat, mungkin kebanyakan orang mengharapkan wajah yang lebih sehat ketika rajin mencuci muka di pagi hari.

gambar istimewa

Menurut Arleen Lamba, M.D, pendiri Blush Med Skincare di Maryland, Amerika Serikat, tubuh manusia bekerja untuk memperbaiki sel-sel yang ada di dalamnya saat tidur. Perbaikan sel-sel ini juga termasuk kulit kamu, dengan cara memproduksi minyak alami untuk menyeimbangkan kesehatan kulit, terutama di area wajah.

Minyak yang kamu temukan di wajah ketika bangun di pagi hari sejatinya bukanlah hal buruk yang perlu diatasi, melainkan tanda bahwa tubuh masih bekerja dengan baik untuk memperbaiki kulit secara alami. Jika kamu membersihkan wajah di pagi hari dengan bahan kimia, seperti sabun atau produk eksfoliasi lainnya, hal tersebut hanya akan menghilangkan kelembapan yang dihasilkan oleh minyak alami yang diproduksi oleh kulit tersebut.

Lalu bagaimana dengan kulit merah, berminyak, dan berjerawat? Terlalu banyak membersihkan dan mencuci muka bisa menjadi penyebabnya. “Saat terlalu sering mencuci muka, wajah Anda hanya memerlukan minyak alami. Noda yang Anda anggap iritasi biasa, ketika Anda mencucinya secara berlebihan, hal tersebut dapat menyebabkan kerusakan yang parah pada wajah,” ucap Arleen.

Untuk kamu yang memiliki tipe kulit berminyak, membasuh wajah hanya dengan air saja justru sangat disarankan di pagi hari. Sekarang cobalah untuk mengganti kebiasaan anda dengan mencuci muka di malam hari menggunakan pembersih yang dapat mengunci kelembaban wajah anda semalaman.

Jika Anda tidak terbiasa untuk tidak mencuci muka di pagi hari, maka lakukanlah menggunakan air panas. Ini adalah cara terbaik dan paling sederhana yang dapat menjadi rutinitas baru untuk kulit wajah sehat. Air panas di pagi hari dapat menenangkan, menyembuhkan, dan melembutkan kulit wajah anda.

Sedangkan, air keran biasa yang selalu gunakan untuk mencuci muka ternyata mengandung mineral, seperti kalsium, magnesium, dan klorin yang dapat menyebabkan kelembaban kulit dan minyak alami wajah menghilang.

Jika kulit Anda termasuk dalam kategori kering, gunakan air panas, lalu langsung aplikasikan krim atau serum yang biasa anda gunakan di pagi hari.

1 COMMENT

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here