Channel E – Juara dunia 5 kali, Jorge Lorenzo, sudah mengumumkan pensiunnya usai MotoGP 2019 berakhir. 1 kursi kosong yang bisa diperebutkan untuk MotoGP 2020 di tim Repsol Honda.

Ini merupakan salah satu bukti kegagalan Honda. Bagai petir di siang hari, secara resmi Lorenzo pensiun dari MotoGP usai balapan ronde pamungkas MotoGP tahun ini di sirkuit Valencia.

gambar istimewa

“Ronde ini menjadi balapan terakhirku di MotoGP,” ungkap Jorge Lorenzo di konferensi pers di sirkuit Ricardo Tormo, Valencia (15/11/2019). Dengan demikian keputusan pensiun dari MotoGP sudah ditetapkan Jorge Lorenzo.

Lalu siapa yang akan menjadi kandidat pengganti Jorge Lorenzo untuk jadi rekan Marc Marquez musim depan?

Manajer Tim Repsol Honda menanggapi pensiunnya Lorenzo dan mempertimbangkan kemungkinan siapa yang mampu menggantikannya dan sudah ada 3 kandidat besar yang banyak dibicarakan sebagai pengganti Jorge Lorenzo.

Pertama ada Johann Zarco, yang kini sedang balapan membela tim LCR-Honda, menggantikan Takaaki Nakagami yang masih dalam proses penyembuhan cedera.

Johann Zarco sendiri sebelumnya memutuskan kontrak dengan KTM untuk MotoGP 2020 dan ingin menyelesaikan sampai 2019 saja.

Tapi sebelum musim berakhir, KTM memilih mendepak Zarco sehingga akhirnya nganggur dan dipilih LCR-Honda.

HRC sendiri kabarnya pernah menaruh perhatian ke Zarco sebelum sang pembalap memilih KTM.

Honda juga tidak bertanya 2 kali ketika LCR ingin memakai Zarco sebagai pengganti Nakagami. Zarco yang masih jobless untuk 2020 juga mengungkapkan minatnya jika direkrut Honda.

Dan Alex Marquez salah satu dari 3 kandidat tersebut yang sekarang menjadi favorit untuk bergabung dengan Repsol Honda, sementara Crutchlow masih akan bergabung dengan LCR dan Zarco kemungkinan beralih ke Ducati.

Menurut Lorenzo, memilih pendamping Marc Marquez tidak mudah. Manajer tim Repsol Honda, Alberto Piuig memiliki tugas yang sulit untuk menentukan pilihan karena ketiga kandidat pembalap memiliki level yang sama dalam hal kecepatan.

Rencananya di tahun 2020, Lorenzo mengatakan dia akan terus mengunjungi paddock setelah masa pensiunnya dan terbuka untuk hampir setiap kemungkinan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here