Channel E – Pastinya setiap orang mengingini yang cerah. Apa kamu masih kesulitan dalam mengatasi  kulit yang kering, mengelupas dan kurang lembap? Padahal sudah menggunakan berbagai cara tapi hasilnya belum maksimal?

Hal ini tentunya membuat kamu jadi kurang percaya diri. Namun, jangan khawatir, ternyata dengan mengonsumsi makanan tertentu bisa membantu kamu mengatasi kulit kering dan kusam loh.

Lantas, makanan apa yang mampu untuk mengatasi kulit kering? Dan apakah hasilnya akan sesuai ekspektasi? Yuk kita simak sama di artikel berikut ini!

1. Ketimun

gambar istimewa

Pernah melihat orang memakai masker dari potongan ketimun? Ya, tanpa disadari ketimun sudah lama dikenal bisa menghidrasi kulit dan melembapkannya. Bukan hanya itu, ketimun juga bisa dipakai untuk mengurangi dark circle di mata. Akan lebih baik jika memakai masker timun yang dimasukkan ke kulkas dulu agar menikmati sensasi kesegarannya.

Lalu, apakah ketimiun efektif dalam memerangi kulit kering? Jawabannya, tentu saja! Vitamin C dalam ketimun akan membantu merawat kulit yang meradang, menghidrasi dan mengencangkan kulit, ujar John Diaz MD pakar kesehatan kulit dari Beverly Hills di California.

2. Ikan yang Mengandung Omega 3

gambar istimewa

Ternyata omega 3 yang terkandung dalam ikan tidak hanya meningkatkan kecerdasan, tetapi menutrisi dan mengatasi kulit kering. Contohnya : ikan yang kaya dengan asam lemak omega 3 adalah salmon, trout, sarden, mackarel dan tuna. Fungsi omega 3 adalah mempertahankan kelembapan, melindungi kulit dan menghidrasi kulit supaya tidak kering.

Banyak orang mengatakan, kulit kering merupakan pertanda bahwa kita mengalami defisiensi omega 3. Selain itu, kekurangan omega 3 bisa menyebabkan kulit kusam, keriput dan penuaan dini. Kamu bisa mengonsumsi ikan-ikan ini dengan cara dipanggang, dikukus atau bahkan dimakan langsung khusus untuk salmon.

3. Putih Telur

gambar istimewa

Khasiat yang tersembunyi dalam putih telur yaitu putih telur bagus untuk kesehatan kulit. Hal ini di karenakan putih telur mengandung asam amino yang membantu proses pembentukan sel kulit baru. Selain itu, putih telur membantu mengembalikan elastisitas kulit, menghidrasi, melembutkan dan membuat kulit menjadi sehat.

4. Alpukat

gambar istimewa

Siapa yang tidak kenal dengan buah ini? Buah yang dikenal dengan segudang manfaatnya ini ternyata merupakan sumber antioksidan, vitamin E dan C yang baik. Mengonsumsi alpukat secara rutin akan membantu memperbaiki kulit dari dalam ke luar. Vitamin C pada alpukat akan memproduksi elastin dan sintesis kolagen, yang berfungsi untuk memperkuat kulit

5. Minyak Zaitun

gambar istimewa

Nutrisi yang terkandung dalam minyak zaituin memiliki manfaat melembapkan kulit, membuat kulit bercahaya, melindungi kulit dari sinar UV, mengatasi kulit kering dan gatal. Selain digunakan untuk memasak, minyak zaitun juga bisa digunakan sebagai pelembap. Kamu bisa mencampur minyak zaitun dengan susu dan kunyit dengan rata, lalu oleskan ke kulit selama 15 menit.

Itulah beberapa jenis makanan yang bisa membantu kamu mengatasi kulit kering dan kusam. Jadi tidak perlu bingung lagi, yuk mulai mengkonsumsinya dan rasakan khasiatnya!

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here