Channel E – Hari libur adalah hari di mana kamu bisa gegoleran seharian di rumah. Nah, karena nggak harus tampil di depan orang lain itulah, ada rasa ogah-ogahan untuk bangun pagi dan membersihkan badan. Mendadak kegiatan mandi yang rutin kamu lakukan setiap pagi jadi gak penting, bikin dingin, dan malas, deh. Jarang mandi masih sering dilakukan banyak orang.

Apalagi ketika hari libur tiba, akibat sedikit melakukan aktivitas, membuat orang malas untuk membersihkan diri. Padahal mandi dianjurkan lebih baik sehari dua kali.

Namun faktanya Hal itu dilakukan bukan hanya menjaga kebersihan, tetapi dapat meningkatkan kesehatan dalam tubuh. Yuk, kenali 4 bahaya bagi tubuh akibat jarang mandi.

1. Malas Mandi Membuat Mudah Terkena Flu

gambar istimewa

Kamu sering ambruk karena terserang flu? Barang kali itu ganjaran dari kebiasaanmu yang jarang mandi. Pertahanan tubuh yang minim dan kondisi yang tidak bersih membuat virus flu gampang menempel. Tertular flu menjadi lebih gampang terjadi. Sementara kalau kamu sedang menderita flu, tidak mandi juga bisa memperparah keadaan.

Jika kamu ingin hidup sehat, maka rajin mandi ditambah minum air hangat bisa meredakan sakitmu. Kehangatan air bisa memperlancar peredaran darah, mengatasi hidung yang tersumbat, mengurangi rasa sakit kepala dan menghilangkan pegal-pegal. Nah, masih pikir-pikir kalau disuruh mandi?

2. Menyebabkan masalah kulit

gambar istimewa

Mandi sehari sekali, membuat tubuh jorok akibat debu atau kuman yang menempel dikulit. Hal ini tentu menimbulkan rasa gatal jika menunda untuk mandi. Rasa gatal tersebut akan menyebabkan infeksi pada kulit. Selain itu, lambat-laun terjadi masalah kulit seperti kurap, jamur, dan panuan.

3. Membuat suhu tubuh meningkat

gambar istimewa

Suhu tubuh dapat meningkat karena mandi sehari sekali. Akibatnya tubuh rentan terserang demam dan flu. Hal ini tentu membuat tubuh lemas dan harus banyak istirahat. Tetapi jika kamu mandi dua kali sehari, dapat menangkal dan menjaga suhu tubuh agar tidak mudah naik.

4. Terkena insomnia

gambar istimewa

Mandi sehari sekali dapat meningkatkan risiko insomnia. Pasalnya, mandi sehari sekali tidak membersihkan debu di tubuh secara menyeluruh. Ini yang menyebabkan tubuh tetap gerah, gatal dan memberikan efek yang tidak nyaman saat tidur. Masalah ini akan mempengaruhi jam tidur saat malam hari berkurang.

Jika kamu selama ini mengeluh gampang sakit atau mudah tertular penyakit, maka kamu patut menyelidiki, karena bisa saja semua itu disebabkan oleh kebiasaanmu yang malas mandi. Tanpa sadar, sebenarnya kamu telah melewatkan hal sederhana yang bisa meningkatkan daya tahan tubumu. Mungkin selama ini kamu masih beranggapan bahwa mandi tidaklah penting. Hingga kadang kamu hanya gosok gigi dan cuci muka, lalu pergi ke luar rumah. Padahal, mandi sebenarnya berkhasiat untuk meningkatkan daya tahan tubuhmu lho.

Berbagai kuman yang ada di permukaan tubuhmu bisa hilang karena guyuran air dan sabun. Tubuh lemas yang tersiram air dingin bisa memicu aktivitas sel darah putih lebih meningkat. Di ujung hari daya tahanmu bisa menjadi lebih baik. Dengan begitu, kamu tak mudah sakit lagi.

Mulai dari sekarang, ubah kebiasaan buruk agar memberikan pengaruh baik untuk kesehatan kamu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here